RSS

Puisi Tentang Puasa

07 Sep

Akhir-akhir ini gw ngerasa makin gila di MSN. Pokoknya kalo Bochi lagi online gw jadi terjebak dalam pembicaraan tidak jelas dan tidak penting. Kayak tadi nih. Kebetulan Bu Lastri ngasih tugas bikin puisi buat besok. Jah gw paling nggak bisa yang namanya bikin puisi. Susah banget kayaknya bikin kalimat-kalimat puitis. Akhirnya gw memutuskan online di MSN dengan harapan bisa nanya-nanya ke temen-temen mengenai tugas puisi. Mereka udah bikin apa belom.. Kalo udah bikinnya gimana. Terus di Personal Message gw tulis aja, “siapa ajaa bantuin gw bikin puisi dong  buat tugas Bahasa Indonesia! Ga bisa nih gw..”  Eh tiba-tiba si Bochi muncul dan akhirnya terjadilah percakapan dibawah ini :

bochh says: eh ada visong

I say: eh ada bocong

bochh says: hahaha bocong apaan song

I say: gatau

I say: lo juga nulisnya visong

bochh says: ohh visong. visi songong

I say: yaudah nama lo gw tambain cong juga

bochh says: haha

I say: bochai songong

bochh says: haha. yee

I say: berarti ong itu songong

bochh says: copy cat. engga juga. sini gue bantuin bikin puisi

I say: oke. apaan boch

bochh says: temanya apa

I say: apa aja. terserah. nggak ditentuin kok

bochh says: ohh

bochh says: hmm

bochh says: apa ya

I say: ayolah jago pantun pasti bisa bikin puisi bagus

bochh says: oke

bochh says: lo maunya temanya apa

bochh says: haha

I say: maunya.. punya temen cina

I say: hahaha

bochh says: ….

I say: ….. kenapa lo?

bochh says: bneran? temen cina?

I say: hhahaa.. iya iya

bochh says: yeee. nanti pas majunya gimana?lo bu esti bukan?

I say: bukan. bu lastri

bochh says: ohh. boleh becanda emang?

I say: ga tau. ibunya bilang terserah.ahh tapi yaa jangan bercanda” banget lah boch

bochh says: gue ma bu esti ga boleh lucu2an. harus serius. oke tentang puasa aja

I say: oke. apa boch?

bochh says: oke btr ya. mikir

lalu saat bochi sedang sibuk berpikir, datanglah Vina yang ternyata juga lagi bingung bikin puisi.

anv irasatinuy says: Sma dum vis,gw jga g bsa bkin puis,mlah dsurh jga lg

I say: hahhaa.puisi ga jelas sih. bahasanya kiasan semua

anv irasatinuysays: Iy,hrus ad inspirasi dlu. Bner2 kiasan smua

I say: eh disuruh dibacain nggak sih puisinya?

anv irasatinuy says: Iya

I say: hah gilaa

anv irasatinuy says: Lo buat kpan?

I say: eh vin kalo butuh puisi hubungi bochi.dia siap membantu.hahaha

anv irasatinuy says: Klo jelek malu bcainna

I say: hahhaa iya juga sih

anv irasatinuy  says: Bner c bci bsa? Haha

I say: iyaa tadi dia langsung nawarin abis gw nulis PM. kata bochi tinggal tentuin temanya aja


Vina pun menghilang selama beberapa waktu. Datang lagi si Bochi.


bochh says: adu

bochh says: lo ngapain bilang2

bochh says: si vina minta juga

bochh says: gw jadi bingung nih

I say: yaudah

I say: gw duluan

bochh says: ah

bochh says: parah nih

I say: kan gw duluan

I say: harusnya lo seneng boch

bochh says: oke2

bochh says: lah

bochh says: seneng apaan

bochh says: gw jadi bingung

I say: banyak pahala loh kalo bantuin orang puasa-puasa gini

bochh says: oke2

bochh says: gw off dulu

bochh says: nanti kalo udah jadi gw sms

bochh says: haha

bochh says: vis

bochh says: tapi lo bikin juga

I say: iyalah

I say: gw mau liat punya lo dulu

I say: ntar gw baru bikin punya gw

I say: hahaa

bochh says: ….

bochh says: gw takutnya ga jadi

abis itu gw ngirim Instant Message ke Vina.

I say: lo beneran minta vin ke bochi?

anv irasatinuy  says: He eh

I say: terus dia mau?

anv irasatinuy  says: Ktna sbr,lg bkinin buat lo dlu

I say: ooo yauda sabar ya vin

aniv irasatinuy says: Oce jngan lma2 y,haha

I say: hahaha lo mintanya tentang apa?

aniv irasatinuy  says: Gw lum kc tau,lo ttg pa?

aniv irasatinuy  says: G ad ide

I say: gw juga nggak ada ide

I say: tapi bochi nawarin tentang puasa

aniv irasatinuy  says: Kc ide dun

I say: tentang hmm.. uan aja

aniv irasatinuy  says: Mles ah

I say: apa ya yang seruu

aniv irasatinuy says: Gw blank

I say: gw juga

Nggak lama Bochi kembali.

bochh says: terima kasih tuhan, atas bulan yang kau ciptakan

bochh says: bulan ramadhan yang penuh keberkahan

bochh says: haha

bochh says: lo bantuin juga

I say: kau berikan semua rahmat

bochh says: yang tak terhirutung jumlahnya

bochh says: alah

bochh says: terhitung

I say: hahaha ini puisi apa main lebay-lebayan

bochh says: hahaha

bochh says: au ah

gw sama Bochi sempet terdiam selama beberapa waktu. Entah kenapa tiba-tiba ada ide di otak gw.

I say: oo gini gw ada ide jadinya

bochh says: apa

I say: jam dua belas siang kutengok meja makan

I say: tak ada apa-apa disana

I say: kulihat ke dapur di sebelahnya

bochh says: haha

bochh says: oke

I say: tak ada ibu yang sedang memasak

bochh says: ade sedang tiduran

bochh says: papa sedang baca koran

bochh says: ohh puasa

bochh says: mengapa menjadi halangan buat setiap orang

bochh says: haha

bochh says: mancay

I say: aku berkelana kemana-mana

I say: namun tak juga kutemukan sesuatu penolak dahaga

I say: akhirnya ada tukang es lewat

I say: kupanggil saja

I say: lalu kubeli

I say: abangnya bertanya, “Lagi nggak puasa ya neng?

I say: aku terdiam. Lalu tertawa

I say: “hahaha puasa kok bang,” jawabku

I say: Kalo gitu nggak jadi deh beli esnya

Gw nungguin respon dari Bochi. Tapi dia nggak muncul-muncul.

You sent a Buzz!

I say: woi kemane lo?

bochh says: sabar

bochh says: hahaha

bochh says: kocak bet

bochh says: haha

bochh says: dodol lo vis

bochh says: lagi ga puasa ya neng

bochh says: aku menjawab

bochh says: “oia..saya lupa”

I say: hahahaa

bochh says: abang pun bersahutan

bochh says: terus ga jadi beli dong

bochh says: hongkong juge looooo!

bochh says: hahahahaha

I say: emang puisi boleh ya kayak gini?

bochh says: boleh

Karena kerjaan gw udah gw anggep selesai, gw ngobrol sama Vina lagi deh akhirnya.

aniv irasatinuy says: Aim bak

aniv irasatinuy says: Ud slese vis?

I say: udah

I say: malah makin ngaco

I say: nggak jadi deh gw minta tolong

I say: masa ada kata-kata hongkong juge loo

aniv irasatinuy says: Gmana?

aniv irasatinuy  says: Gw pngen tau hsilna

aniv irasatinuy says: Tlisin dun

aniv irasatinuy says: Hah?mksudna?

aniv irasatinuy says: Gmana?

aniv irasatinuy says: Gw pngen tau hsilna

aniv irasatinuy  says: Tlisin dun

I say: bentar

I say: gw kopiin dulu

singkat cerita.. gw kopi paste semua puisi aneh gw yang tadi gw tulis, dan Vina langsung ngerespon.

aniv irasatinuy  says: Pa hbungan m hongkong?

aniv irasatinuy says: Haha

I say: ga tau si bochi

aniv irasatinuy says: Aneh

I say: iyaa

I say: tapi lucu kan

aniv irasatinuysays: Adu gw g pnya ide

aniv irasatinuy says: Iy c,knyol

I say: udah bikin vin?

aniv irasatinuy says: Sdang

aniv irasatinuy  says: Minta ide

aniv irasatinuy says: Temana pa y?

I say: apa yaa? mau yang dodol kayak gw apa yang serius vin?

aniv irasatinuy says: Yg dodol aj

akhirnya gw bikinin puisi juga buat Vina.Tapi nggak sejayus tadi. Nggak tau kenapa feel jayus gw ilang mendadak.

I say: oo soal Pr bikin puisi aja

I say: kemarin saat ku ke sekolah

I say: ada pelajaran bahasa indonesia

I say: guruku memberi tugas

I say: membuat puisi untuk mengambil nilai

I say: sekarang aku bingung

I say: mau menulis tentang apa yaa

I say: tidak ada ide

I say: tidak ada pencerahan

I say: akhirnya kutulis saja kalimat-kalimat ini

aniv irasatinuy says: Bleh tw vis

I say: yaudah buruan tulis

I say: ntar kalo ada ide lagi gw bantuin

Tiba-tiba gw jadi ragu sebenernya boleh nggak bikin puisi yang isinya dodol kayak tadi.. Jadi gw tanya Bochi lagi.

I say: kata siapa boleh pake puisi kayak gitu?

bochh says: kata gue. emang lo ga denger? eh salah, emang lo ga liat?

I say: ga liat apa?

bochh says: tulisan kalo gue bilang boleh

I say: eh puisinya pake hongkong juge lo ya boch?

bochh says: hahaa. pakein aja. oia, waktu malam telah tiba, aku bermsnnan ria

I say: hahhaa. ntar gw ditanyain bu lastri

bochh says: kulihat orang bernama ersa, kusapa

I say: hongkong juge lo apaan tuh?

bochh says: dan aku bercanda bersama

bochh says: lo bilang balik vis, ibu ke hongkong aja biar jadi keren

bochh says: haha

I say: heh ntar nilai gw dikurangin!

bochh says: haha. onje2

I say: apa tuh onje2

bochh says: makanan

bochh says: onde2

bochh says: tapi isinya bukan kacang ijo

I say: Apa? kacang merah?

bochh says: bukan

I say: apa dong?

bochh says: isinya jerukl

bochh says: jeruk

bochh says: onje = onde2 jeruk

I say: iya? gw baru tau ada makanan kayak gitu

I say: hahahaa

I say: hongkong juge loo

bochh says: ada dong

bochh says: hahaha

I say: dasar bocah cina

bochh says: haha

bochh says: dasar visi

bochh says: -diem-

bochh says: yah

bochh says: diem

lalu Vina kembali dengan kabar gembira.

aniv irasatinuy says: Ud gw tlis

aniv irasatinuy  says: Sip sip

aniv irasatinuy says: Vis lo hrus tau puisi dr bci ttg uan

aniv irasatinuy says: Uan oh uan

I say: apaa

I say: mau dong

aniv irasatinuy says: Mengapa kau cepat sekali datang

aniv irasatinuy says: Uan oh uan mengapa kau bikin aku mabuk kepayang

I say: hahaa apaan mabuk kepayang

aniv irasatinuy says: Teman oh teman

aniv irasatinuy says: Mari kita bersama siapkan

aniv irasatinuy  says: Agar kita tidak keteteran

aniv irasatinuy says: Lebay y,

I say: iya

I say: banget

I say: haahhaa

I say: tapi kocak juga kok itu

I say: beda sama puisi biasa

aniv irasatinuy says: Iy tp gw malu bcainna

aniv irasatinuy says: Haha

I say: hehhee

I say: pede aja vin

I say: gw juga nih mau nyiapin mental

I say: baca kalimat hongkong juge loo

aniv irasatinuy ays: Pke topeng gw bcana

I say: iya hahhaa

aniv irasatinuy says: Lo mo pke tw puisi?

aniv irasatinuy says: Pke topeng gw bcanya

aniv irasatinuy says: Lo mo pke tw puisi?

I say: iya

I say: hahaa

aniv irasatinuy says: Siap2 d

aniv irasatinuy says: Menahan malu

I say: iya nii

I say: awas aja kalo nilai gw jelek

I say: hahahaa

I say: udah nekat gw pake puisi aneh

dan gw pun menutup semua window pembicaraan.  Sign out di MSN, sign out di YM, terus berniat mengetik puisi yang tadi gw bikin bersama Bochi. Tapi pas mulai buka Microsoft Word gw malah jadi ragu-ragu. Duh mampus. Gw siap nggak ya bacainnya di depan kelas? Jangan-jangan ntar malah gw ketawa sendiri lagi di depan semenara temen-temen gw malah cengo ngeliatin gw. Soalnya tadi pas gw nunjukkin puisi itu ke orang lain dia malah ngetawain. Dia bilang anak SD aja bisa bikin puisi yang lebih bagus dari itu. Huhhh.. Yaudah akhirnya gw modif-modif lagi deh tu puisi. Akhirnya puisinya baru selesai jam dua belas malem. Jadinya begini.

Puisi di Saat Puasa



Walaupun bulan puasa,

Aku tetap sekolah seperti biasa

Saat pulang penat kurasa

Kulangkahkan kaki ke dalam rumah


Tanpa sadar aku mengarah ke meja makan

Kubuka tudung saji, lalu mengeluh kecewa

Tak ada apa-apa disana

Biasanya makanan telah tersedia

Namun kini, segelas air pun tak ada


Kutengok ke dapur di sebelahnya

Tak ada ibu yang sedang memasak

Aku pun berkelana

Mencari pemuas dahaga

Namun tak kutemukan juga

Hingga akhirnya terdengar suara

Dentingan penggugah selera


Kuhentikan langkah pembawanya

Kemudian kubeli dagangannya

Penjualnya bertanya,

Adik sedang tidak puasa ya?


Seketika aku tertawa

Menyadari jawaban dari semua tanya

Ya, hari ini aku puasa

Pantas rasanya ada yang berbeda

hahahaaa tapi tadi pas di sekolah temen-temen gw baca pada ketawa semua. Mereka bilang, “Wah asik nih puisinya. Nggak lebai, tapi pas menggambarkan keadaan.” Baca yang dimodifikasi aja udah pada ketawa apalagi kalo mereka baca yang asli, “Lagi nggak puasa ya, Neng?” pasti mereka ketawa lebih heboh.

BTW, besok gw harus bacain puisi ini di depan kelas. Tadinya sih mau hari ini tapi nggak jadi kata BU Lastri diundur aja, jadi gw masih punya waktu untuk latihan dan menemukan sebenernya gimana cara ngebacain puisi ini dengan tepat. Semoga besok sukses. Doakan yaa!

 
21 Comments

Posted by on September 7, 2008 in uncategorized

 

Tags: , , , , ,

21 responses to “Puisi Tentang Puasa

  1. BOCHH SANG PUJANGGA

    September 8, 2008 at 18:38

    hahaha.
    oke.mantep juga tuh.
    hahaha. good luck visong.
    gyahahah.
    dadah hongkong.

     
  2. visi

    September 8, 2008 at 18:57

    * bochi : wooo apaan tuh nama bochh sang pujangga. narsis banget lo. ahahaha eh katanya vina mau minta ganti puisinya dia ga berani bacain puisi buatan lo di depan kelas gara-gara malu.

     
  3. neorhazes

    September 8, 2008 at 21:30

    wah,
    anda ternyata salah satoe kolega dari bang bena ya? jang oeda bikin game gila itoe, bikin kpala saija kelijengan doeh..

     
  4. Chika

    September 9, 2008 at 12:31

    Puisi Apaan TuCH???
    Tentang Bulan Puasa Atau Pas Lgi Klaperan Siy??

     
  5. visi

    September 9, 2008 at 14:32

    * neorhazes : hahhaa awas jangan lupa pegangan kalo pusing.

    * chika : puisi tentang orang orang yang sedang berpuasa.

     
  6. amel KG

    September 9, 2008 at 14:51

    hhaa,,
    geblek,,

    vis,,lo baca puisinya bneran yg itu?
    trus vina gmn?

     
  7. visi

    September 9, 2008 at 14:54

    * amel : beneran Mel gw pake puisi yang itu. yang di paling bawah. masa tadi anak kelas gw pada ketawa semua waktu gw selesai bacain puisi gw. Bu Lastrinya juga ketawa. Huhh. Kalo si Vina nggak tau deh Mel. Tadi dia bilang belom maju ke depan kelas.

     
  8. agunk agriiza

    September 9, 2008 at 20:44

    jduang .. bnyak bgt prologue nya. hho

    puisinya konyol tuh .. hha

     
  9. visi

    September 10, 2008 at 02:50

    * agunk agriiza : wahh makasih atas pujiannya!

     
  10. ordinareez

    September 10, 2008 at 16:06

    kewl!

     
  11. aRuL

    September 11, 2008 at 14:38

    lebih bagus kalo irama setiap akhir baris disamakan.. terasa enak… :)

     
  12. wildankurnia

    September 11, 2008 at 16:38

    wakakaka..
    jadi inget jaman2 SMA..
    guru bahasa gw nyang kagak nggenah..
    bikin puisi tentang kasur.. :lol:

     
  13. ma2nn-smile

    September 11, 2008 at 20:15

    heheh….salut ama puisinya…..

     
  14. permanas

    September 12, 2008 at 12:54

    hehehehehehehehehehehehehe……!!!!

     
  15. rahmadisrijanto

    September 13, 2008 at 10:43

    wakakaka…
    cara cerdas dapet puisi bagus…

    hmm, ngga lebay kok, beneran bagus…
    sukses ama bu lastrinya yach…

     
  16. debrian

    September 13, 2008 at 16:08

    puisi yang konyol..hehehehe

    http://www.hetpaard.info/

     
  17. ironepunx

    September 16, 2008 at 05:28

    huakakakakaka…..gila ah :mrgreen:

     
  18. vicky ridwana

    September 16, 2008 at 09:52

    Wah yang masih sekolah ada tugas tentang bulan ramadhan ya????

    trus kalau yang udah gak sekolah tugas apaan nih????

    visi apa kabar??? udah lama nih gak blogwalking ke blog visi

     
  19. visi

    September 16, 2008 at 14:54

    * semua : wahh makasih udah mau baca puisi saya..

    * vicky ridwana : hehehe itu bukan tugas ramadhan kok. Terserah puisinya mau tema apa. tapi yang ada di pikiran saya yaa puisi yang itu tadi.

     
  20. reekoheek

    September 22, 2008 at 00:15

    bagus puisinya…
    tau ga pas baca puisi kamu, aku yakin, pasti apresiasi semua orang pasti bagus banget… sukses ya…

    mungkin ini aliran baru, neo-naturalisme :)

     
  21. visi

    September 22, 2008 at 00:20

    * reekoheek : ahahaha makasih atas pujiannya.

     

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

