RSS

Minggu 23/12/07 [TO 37 Part III]

29 Dec

Well. Hari ini pada bangun kesiangan alias jam 4 pagi *sebenernya gak siang-siang banget sih. Tapi lebih lambat aja daripada kemaren*. Karena si Yusa masih ngebet banget dapet bintang, akhirnya yang cowok-cowok langsung pada bangun dan ganti baju, terus ke masjid. Yang cewek-cewek juga langsung pada ke masjid abis sikat gigi. Gw? Gak ke masjid gara-gara pas ngantre giliran sikat gigi udah adzan. Ya udah gw salat di rumah d. karena masih rada ngantuk gw tidur lagi sampe jam limaan gitu, terus baru ganti baju olahraga lagi plus nguncir rambut. Jam enam pagi, rombongan yang salat di masjid pulang dengan wajah ceria. Mereka bilang, “Kak, tadi kita dateng duluan lagi loh di masjid! Abis itu si Mayo kultum jadi pasti kita dapet bintang deh kak..” alhamdulillah, pas mau penjelajahan begini mereka lagi semangat. Insyaallah mereka yang nanti jalan pada kuat dan masih semangat sampe nanti siang.

G lama kemudiaan.. sarapan siap. Kita makan bareng sambil ngobrol-ngobrol kya biasa. Gw jadi mikir. Aduh, besok udah pulang sementara gw belum pernah foto sama anak-anak ini. Gw kan juga mau punya kenang-kenangan pas ikut TO 37. Pkonya ntar abis yang penjelajahan main lumpur gw harus poto bareng!
Selesai sarapan, gw jalan ke lapangan barengan demit-demit gw. *Biar sekalian jalan aja.. abis jalan sendirian g enak sih.* tapi pada akhirnya gw memisahkan diri juga ke posko guru. Gw belum tau dapet tugas di pos mana *soalnya semalem gw gak tidur di rumah OSIS, melainkan di rumah demit*, jadi mau nanya sama temen-temen gw.

Tau gag?? ternyata gw tugas di pos 3 (argumen) bareng semua PO seksi 2 dan 6 plus nurul sama Dei.. Gw harus pake tensi tiga. dan entah kenapa, gw punya feeling kalo nanti gw bkal adu argumen sama demit” gw sendiri. *benarkah begitu?? baca sampe abis*

Sebelum apel mulai, gw dan kawan” pos 3 gw (termasuk yang pos 3 outbond) berangkat duluan ke pos. kita lewat sawah.. gw yang saking senengnya jalan di pematang sawah *sebelumnya kga pernah sihh* jadi norak banget. sampe kepeleset tiga kali. Tapi untung yang beneran jatoh cuma sekali. *yang dua kalinya berhasil pegangan sama temen gw* tapi jalanannya emang licin banget gara-gara kemaren ujan dari siang sampe maghrib. dan masih alhamdulillah juga gw jatohnya di kebon jagung, bukannya di sawah. jadi cuma kotor kena tanah dikit bukannya lumpur item-item. Eh, gw sempet foto-foto lohh waktu di sawah! tapi gw lupa pake kameranya siapa.

Dan akhirnya, sampailah kita ke sebuah desa tetangga. Terus ada tanjakan gitu. di tanjakan gw ketemu sama anak-anak sigma + kKr yang lagi sibuk bawa-bawa ember. Gw kirain buat mandiin kerbau. Pas sampe di atas, gw baru tau kalo banyak yang lagi gali-gali tanah. Oalah. ternyata tu air buat bikin arena outbond. pdahal kan kemaren abis ujan. kenapa g dimanfaatin aja?

Ya udah kita yang di pos argumen langsung memisahkan diri menuju pos yang letaknya agak terpencil deket jurang. Baru aja duduk, tiba-tiba anak-anak yang bertugas di pos outbond minta tolong sama beberapa anak pos argumen untuk bantuin ngegali tanah. Akhirnya gw, Ulul, sama Agnes tetep duduk di pos argumen untuk jagain tas anak-anak yang lain. Beberapa saat kemudian kita mulai gatel-gatel gara-gara duduk di atas rumput tanpa alas. Akhirnya Ulul ngajak gw pinjem golok, buat motong daun pisang untuk alas kita bertiga duduk.

Ada suatu peristiwa yang rada g enak. Sebelum Ulul motong daun, angin yang berhembus di kawasan situ semilir. Sejuk deh pokoknya. Tapi abis Ulul motong, entah kenapa angin di sekitar tempat pohon pisang yang daunnya dipotong Ulul tiba-tiba jadi kenceng, kayak angin ribut gitu. Mungkin alam marah karena kita motong-motong dahan pohon seenaknya. Huhuuu. Sampe acara penjelajahan selesai, anginnya masih tetep ganas. Tapi begitu kita jalan beberapa langkah menjauhi pohon pisang itu, udaranya jadi panas. Duh, serem. Untung kita g diikutin apa-apa sampe sekarang. Padahal Ulul udah baca doa sebelum menebaskan goloknya, tapi ternyata kita emang g bisa seenaknya kalo di tempat-tempat sepi kayak gitu.

Gak lama kemudian, *kira-kira setengah jam lah* dateng kelompok 1, disusul oleh kelompok 28. gw langsung mikir. Parah cepet amat sih nyampenya. Perasaan gw aja baru duduk lah mereka udah nongol. Padahal kita semua udah lewat jalan tembus. Gak lama kemudian dateng lagi kelompok dua sama dua tujuh. Parah. Gw udah bingung banget soalnya yang di pos argumen ada yang akhrnya ngebantuin pos outbond *gali-galinya belum beres* tpi si Steve sama Jaya dateng juga ke pos argumen dan bilang kalo adek-adeknya ditahan aja di pos argumen.

Baru berniat menahan, datanglah dua kelompok lagii. Amppunn. karena keterbatasan orang, akhirnya anak Sigma turun tangan. mereka ngurusin yang numpuk-numpuk itu, bikin pos iseng-iseng. Sementara gw sama Steve buka cabang argumen baru.. Di pos iseng-iseng semua anak dikerjain. Tapi anak-anak kelompok yang dateng pertama kali g ngerasain disuruh nyanyi lagu mars TO pake huruf O semua, joget-joget kya Miss Universe, foto gaya jelek, dan lain-lain.

Kelompok yang pertama dateng ke gw adalah kelompok 27. Vespasian atau apa itu namanya. Baru dateng, gw sama Steve memutuskan untuk memberikan mereka topik seputar perseteruan Indonesia-Malaysia. Setelah mereka menyebutkan password, “Teu aya tembok nu kandel nu te tiasa di aseupkeun paluru emas jeung sasae-saena jalmi nu untung nyaeta jalmi nu teu ngawulang kasalahanana”, kita minta mereka nyebutin apa artinya. *sebenernya ini g ada di prosedur. Cuma karena katanya disuruh menahan ya udah gw lama-lamain aja.* dan ternyata mereka g tau. Hhoo. Jadi ada alasan berbicara, “Makanya kalo dikasi pesan tuh harus tau artinya. Apa gunanya kalo kalian sendiri g tau, bisa jadi pesan itu g baik buat kalian tapi kalian laksanakan.” * sok tau banget gw sumpah. hee* terus Steve nanyain, “Kalian tadi ngapain aja di pos dua?” dan pertanyaan itu berlanjut sampe mereka kami suruh menunjukkan yel-yel kelompok. Tiba-tiba si Dei dateng dan berbisik ke gw dan Steve, “heh, lo berdua jangan nyuruh yel-yel. Itu g ada hubungannya sama pos argumen.” wahh siall gw berdua salah. Tapi enak, jadi punya bahan argumen. Gw bilang aja gini, “Kenapa kalian mau aja disuruh yel-yel? Kalian tau ini pos argumen, g ada hubungannya sama yel-yel!” *gw tau muka gw pasti menyebalkan waktu ngomong kayak gitu.* emang nasib jadi kakak kelas, selalu harus jadi yang benar, dan kita argumen, blah blah blah. Lalu mereka lapor, hormat, dan cabut ke pos berikutnya setelah gw dan Steve ngasih amanat “They said that you can never tell how and why and when or where you could struck and stuck by your inner ugly duck”. Gw yang baca aja ribet, apalagi tuh bocah-bocah harus bisa ngapalin.

Lalu datanglah Kelompok kedua ke pos gw, Hadrianus, datang. Hampir rata-rata bisa argumen. Hhoo. Atau mungkin topik mengenai pemulung yang dikasih gw sama Steve terlalu gampang. Apalagi ada anak yang nama Visi *juga, sama kayak gw. huhhu kasian bgt nih anak. Kalo lagi baris pasti dipanggilin mulu sama temen-temen gw*, yang jago sekali berbicara. Tapi gw dan Steve masih pasang tampang cool, g kayak PO-PO di pos cabang argumen yang bertetangga dengan kita. Mereka semua udah teriak-teriak parah banget.

Sumpah. Hoki banget yang dapet gw sama Steve. Kita berdua g bsa marah-marah sampe kalap kya pos-pos yang laen. *lo bayangin aja.. ulul bareng rara sama dei, destri bareng tika sama jaya, agnes bareng nadia. mendingan gw sama steve kan kekejamannya? hehe* Kita kan sama-sama anak EOS jadinya baiiik.. selain itu jabatannya si Steve udah beken jadi hampir semua orang tau. *herannya jabatan gw juga pada tau loh* Menurut gw, marah-marah di pos argumen tuh gak perlu. Karena tujuan pos argumen bukan untuk marahin orang, tapi melatih adek-adeknya untuk mengeluarkan pendapat mereka. Mungkin kita emang perlu marah, kalo adek-adeknya menjawab dengan gaya yang kurang baik, atau g bisa jawab pertanyaan kita, tapi gak perlu diteriakin kayak gitu kan? Kalo dibentak-bentak terus, yang ada tujuan kita melatih adek-adeknya berargumen malah g tercapai. Kita capek, mereka juga, tapi g dapet apa-apa. Dongkol yang ada. Gimana bisa mikir dengan jernih mau jawab apa kalo sambil diteriakin?

Setelah adu argumen dengan 5 kelompok, gw kaget banget karena yang dateng ke Pos gw ternyata Diocletian. Mampus! gawat banget! gw g pernah bsa nahan ketawa tiap ngeliat demit gw menatap gw dengan mata takut-takut *soalnya gw tau mereka pasti juga acting sok takut sama gw. biasanya pas di rumah juga kita udah kaya apaan tauu.* Baru dateng aja si Nana cekikikan, Aya sama Nurul dorong-dorongan, Nibras nunduk mulu, Yusa mukanya nahan ketawa, Mayo g ada ekspresi, Ready sok pengen gak kenal. Akhirnya gw omelin aja, “ga ada yang nyuruh kamu ketawa! Siapa suruh kamu nunduk? Jawab! Kamu gak denger apa yang saya bilang? Ah, masak gak tau sih nama kakak ini siapa? Saya tau semalem kalian ngapalin nama kakak-kakaknya.” pada masing-masing demit.

Gw sering banget balik badan terus ketawa, kalo enggak muter ke belakang, biar demit gw pada ga tau kalo gw sebenernya ngakak. Mana abis itu si Steve kabur ke pos outbond, terus datenglah si Dei. Tambah kocak aja gw ngeliat tuu demit” gw diomelin Dei.*ada yg mukanya pengen ketawa tapi ditahan* tapi sebenernya gw sangat-sangat tidak setuju dengan acara omel-omelan disini. Mereka gak bikin kesalahan, kenapa harus dibentak?

Untung akhirnya gw diselamatkan oleh anak sigma yg nanya, bisa g gw buka pos baru lagi. Soalnya waktunya mepet banget sementara kelompok yg ngantre masih lumayan banyak. Yaudah akhirnya gw pergi dan buka cabang baru sama Rara. si Ulul sendirian. Dei sendirian. Clara aja sampe ikut bantuin abis pos satu selesai. Alhamdulillah. akhirnya setengah jam kemudian pos 3 argumen selesai. Gw langsung pergi ke pos outbond. Kebetulan pas gw sampe sana, demit gw lagi disuruh jalan jongkok sambil nyanyi Halo-halo lapan satu. Tapi gw iseng aja teriak, “MANA SUARANYA DEEK? UDAH PADA CAPEK YA? *keenakan ngomelin demit sendiri. Mumpung lagi penjelajahan.kalo marahnya di rumah gw pasti malah dicengin deh* pdahal sii suara mereka lumayan keras. pokonya selama di pos tiga gw puas banget ngeledekin demit gw. Selesai mereka pos outbound, kita foto bareng d.. tapi demit-demit gw pada nyoba ngotorin jas gw. *yang cewek berusaha meluk, yg cowok sok nepuk-nepuk pundak* terus gw bilang aja.. “Eh, Jas gw tuh g boleh dikotorin *mereka si percaya” aja. pdahal si gpapa kalii.* cuma gw males aja ngebayangin kalo jas gw kotor sementara harus dpake terus sampe besok pulang. udah gitu.. mereka pada complain.

Nurul : Kakak mah sok galak!

Yusa : iya, saya jadi pengen ketawa

Ready : saya mah daritadi g percaya k visi galak.

Nibras : tau. mana g berani liat mata lagi!

Aya : curang! k Visi ketawa sambil balik badan!

Nana : nih kakak tadi marahin aku!

gw : hehehehhe.. acting gw bagus kann?

Yusa : iya bagus. tapi bikin pengen ketawa.

udah gitu banyak yang nimpalin segala:
Alif : emang lo bisa marah vis?
farel : elo sii kalo marah malah bikin orang pengen ketawa
andi : lo sih marahnya g serem.
Mukti : lo tu terlalu baik.

Ahh sebel.sebel.sebel. ternyata kalo kita mau ngerubah image emang g bsa cuma dalam bebrapa jam ya? tpi jujur. gw emang g bisa marah tapi gw sebel aja kalo ternyata usaha gw untuk jadi galak sia-sia. gw malah makin dicengin orang..

Pas pulang ke rumah. Gw lepas jas, terus pergi ke posko guru buat makan siang. Gw pikir, kalo makan dirumah kasian demit gw pda butuh makan. Daripada ntar gw yg ngabisin kan kasian. Selesai makan, taunya udah pada ngantre mandi. Yahh tau gitu tadi gw mandi duluan. Lama banget lagi mandinya. Apalagi yang cowok” parah sampe bertiga (Mayo, Yusa, Nibras) dalam satu kali mandi. *jadi inget anak kelompok gw dulu. Mereka juga mandi bersam-sama pas pulang penjelajahan.*

Abis semuanya selesai mandi.. ada jam istirahat. kebetulan kelompok gw g ada yg rapat pleno. jadi semuanya *termasuk juga gw* pda tepar sampe jam enam sore. *gara-gara tepar ini juga gw jadi g ikut rapat tentang Solo Camp nanti malem. Abisnya pas jam 4 sore gw tanya pak Masrial beliau bilang rapatnya nanti malem. Yaudah, gw pulang dan memilih tidur karena demit gw pada tidur semua.. tadinya pada ngobrol-ngobrol sambil nyetel lagu dari HP gw, dan Yusa main gitar, terus pada ketiduran. Lagipula entah kenapa hari ini gw ngerasa badan gw pegel-pegel semua*

Lalu gw ikut salat ke masjid karena ini malam terakhir gw di TO 37, gw pengen ngerasain salat jamaah bareng demit-demit gw juga tentunya. Ternyata masjidnya sepi banget. Dikit banget yg salat ktanya sihh gara-gara ktiduran jadi pada males dateng karena udah telat. Semua demit gw yang perempuan *yang cowok sih g tau* pada tidur pas lagi ceramah. Gw yang kbetulan duduk di tengah, jadi tumpuan kepala si Aya sama Nurul *Aya mah tidur mulu.. Ampuunn deh ni bocah* sementara yang lainnya pada numpang sama Aya dan Nurul jadilah pundak gw berat. Tapi kasian juga nih anak-anak. Kalo g tidur jangan-jangan besok kesiangan. Padahal jam 7 udah apel pagi untuk pulang.

Terus malemnya ada solo camp. Kya semacam renungan apa yang kita mau gitu. Gw juga g terlalu ngerti jadi g bsa cerita banyak. Yang jelas sepanjang jalan dari lapangan SD Cibeber, mulai tanjakan deket rumah kelompok 3 sampe deket posko guru dipasangin lilin. Cantik deh. Pokoknya yang kebagian tempat di teras sekolah bakal ngeliat pemandangan indah yang susah banget dibikin *perjuangan banget loh nyalain lilin segitu banyak. Setiap ada yang lewat, pasti lilinnya mati. Mana anginnya juga kenceng banget. Untung akhirnya tuh lilin-lilin g mati-mati lagi.*

Jam 1 pagi, ada perang vandel. jadi para kamit pada tidur di rumah osis. karena osis cowok penuh, gw tidurnya di osis cewek.. Rumah OSIS cewek pewe banget, anget, gak kayak rumah demit gw yang langit-langitnya tinggi. Langit-langit rumah OSIS cewek cukup rendah jadi g banyak angin malam yang masuk. Pas tidur disana gw g pake selimut. Padahal di rumah demit walaupun pake selimut tetep aja dingin tak tertahankan.

 
Leave a comment

Posted by on December 29, 2007 in uncategorized

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: