RSS

Remedial (lagi)

26 Feb

Well. Senin dua minggu yang lalu ada ulangan PKn di kelas gw. Soalnya g banyak. Cuma 5. Tapi gak ada yang bisa gw jawab dengan nilai penuh. Maklum, di materi Hubungan Internasional ini memang dibutuhkan banget kemampuan menghapal yang mancai. Padahal, gw suka susah kalo disuruh ngapalin sesuatu sama persis dengan yang tertulis di buku atau di koran. Gw sering menafsirkan sesuatu dengan bahasa gw sendiri, lalu gw baru bisa menyimpan materi tersebut otak.

Gw mencoba mempraktekkan cara belajar gw itu pas ulangan kemaren. Haha. Tapi ternyata nilai yang gw dapet parah banget. Empat puluh lima untuk suatu ulangan PKn. Baelah.. Bu Yerni aja ngasi nilai kimia 90 ke semua anak di kelas gw. Alhasil gw ikutan remedial yang dilaksanakan hari Jumat, 22 Februari kemarin. Lagi-lagi gw praktekkan cara yang sama dengan ulangan. Gw pikir, “Mungkin gw lagi gak beruntung aja.. Pak Masrial gak mudeng sama apa yang gw tulis.” Dan ternyata, berhasil saudara-saudara! Nilai ulangan gw bertambah walaupun belum mencukupi batas kelulusan. Jadilah gw harus remedial sekali lagi.. Males banget dah gw. Gw rasa udah cukup ulangan itu sekali. Tapi gw malah harus ikut sampe 3 kali. Kalo tes yang ketiga ini gw gagal (lagi), orangtua gw bakal dipanggil sama Pak Masrial. *cuma gara” g bisa ngerjain ulangan PKn. Okelah ortu gw dipanggil kalo gw g bisa ngukutin semua pelajaran*

Sebenernya dari cara ngerjain emang si gw salah *salahkan diri sendiri dulu, baru salahkan orang lain. :p* Pak Masrial bilang,”Kalian jawabnya sesuai yang di buku, ya!” Tapi yang gw lakukan adalah menjawab dengan bahasa gw sendiri, yang pastinya beda banget sama apa yang ada di buku gw. Padahal sebagian besar isinya sama loh!

Yang gw sesalkan, kenapa sih, soal yang diberikan oleh guru gw kayaknya g ada hubungannya sama kehidupan gw saat ini? Gw tau, kita belajar juga untuk masa depan. Tapi, apakah anak SMA wajib menghapalkan Asas PBB? Mungkin kalo anak kuliahan okelah, secara mereka emang dipersiapkan untuk bekerja. Maybe ada yang mau jadi anggota PBB nantinya? Bahkan menurut temen gw, anggota PBB juga ada yang g hapal sama asas organisasinya sendiri.

Inti dari permasalahan ini adalah, kenapa Sistem Pendidikan di Indonesia lebih mengacu kepada teori, bukannya praktek? Padahal, orang kalo kerja pasti yang dibutuhin prakteknya kan? Bukan teorinya.. Kalo punya teori g bisa praktek sih percuma. Menurut penelitian, generasi sekarang yang jadi pengangguran itu malah kebanyakan orang yang pendidikan terakhirnya S1 atau minimal SMA. Lulusan SMK malah banyak diterima kerja, karena pendidikan yang mereka dapatkan porsinya lebih besar praktek daripada teori, dan kebanyakan instansi membutuhkan orang yang siap kerja.

Lebih banyak lembaga pendidikan yang diberi nama SMA Negeri daripada SMK Negeri. Sepertinya pemerintah juga lebih menaruh perhatian terhadap proses belajar-mengajar di SMA daripada di SMK. Hehe. Pantesan aja, Bangsa Indonesia itu sering menang Olimpiade Sains. Secara yang di tes di olimpiade itu kan kebanyakan teori. Haha. percaya g percaya, mungkin itu jugalah yang bikin para pemimpin bangsa ini lebih sering cuma melemparkan teori mengenai usaha perbaikan nasib Bangsa ini, tanpa ada usaha lebih lanjut untuk merealisasikannya

Sentence of the day : Manusia memang serba terbatas. Tapi kita harus bisa memperluas batasan kemampuan kita karena kita sendiri yang bisa menentukan, mau membatasi kemampuan kita sampai dimana..

 
1 Comment

Posted by on February 26, 2008 in Uncategorized

 

One response to “Remedial (lagi)

  1. viisii

    February 26, 2008 at 13:54

    Hahh. Capek-capek amat remed.
    Nilai di SAS kan bisa dimanipulasi..
    *devilish smile*

    semoga gw g remed lagi.
    Amiinn..

    Kasian amat bokap gw kalo beliau harus terbang jauh-jauh dari Bali cuma untuk masalah beginian.

     

Leave a Reply

 
