RSS

Pilihan Ganda dan Uraian

18 Mar

Setiap ulangan kita selalu disuguhi soal yang bentuknya bervariasi. Ada pilihan ganda, ada uraian, ada pilihan ganda berurai. Setiap bentuk soal memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Karena cara yang harus kita tempuh untuk menyelesaikan soal yang diberikan berbeda. Menurut gw, bentuk soal yang dipilih ada kaitannya dengan cara yang kita pilih untuk menyelesaikan masalah dalam hidup kita.

Pilihan ganda, yaitu soal yang menyediakan pilihan jawaban, menurut gw mengartikan cara kita untuk menyelesaikan masalah adalah dengan memilih kita mau mendapatkan apa setelah masalah itu selesai. Kita g peduli cara apa yang kita lakukan untuk mendapatkannya. Pokoknya kita harus dapat apa yang kita inginkan itu. Kalau dianalogikan dalam ulangan, kita selalu tidak peduli cara apa yang kita gunakan untuk mendapatkan jawaban tersebut. Kita bisa benar-benar berpikir, menganalisa, hapal jawaban dari soal yang pernah ditemui, melihat dari kertas orang lain, bertanya, atau malahan mungkin dengan tang-ting-tung. Yah apapapun caranya, asal jawaban kita benar, kita pasti dapat nilai.

Uraian, menurut gw, melambangkan kita yang selalu mencari cara terbaik untuk meraih hasil yang mendekati sempurna. Kalau dalam ulangan uraian, nyontek jelas susah. Apalagi nanya. Siapa juga yang mau mendiktekan? Menyalin pekerjaan orang juga malas. Pokoknya asal kita tau cara, pasti tau jawaban. Tapi kalau dalam menyelesaikan masalah yang sesungguhnya, bisa jadi kita menilai selesai tidaknya suatu masalah dari cara kita menyelesaikan, bukan hasilnya. Karena dalam ulangan, jawaban salahpun ada nilainya asalkan kita sudah mencoba mengerjakan. Malah enak, bisa bikin karangan sendiri.

Sebenarnya sih, apapun bentuk soalnya, intinya tetap sama, dalam ujian kita dituntut bisa menyelesaikan permasalahan yang diberikan soal. Tapi kalau Pilihan Ganda lebih mementingkan hasil akhir tanpa peduli prosesnya, kalau esai mementingkan proses untuk menuju hasil akhir.

Efek positif dari pilihan ganda adalah kemudahan kita belajar, karena kita cukup mengetahui kata kunci, dan mengerti konsep dasar dari suatu materi. Efek negatifnya, kita jadi kurang memperhatikan cara yang kita ambil untuk mendapat hasil. Pokoknya, kita dapat nilai bagus ya sudah.

Efek positif dari uraian adalah kita jadi benar-benar paham apa yang sebenarnya harus kita kerjakan untuk mendapatkan hasil terbaik. Sementara itu, belajarnya agak berat. G cukup kalau cuma tau kata kunci, karena kita juga harus tau apa saja yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.

Yah.. apapun ulangannya, kalau fisika pasti gw remed. *rekor, dalam dua tahun gw sekolah di SMA baru satu kali gw g remed fisika.* Pada akhirnya nilai juga dipengaruhi sama semangat dan belajar kita.. So.. keep semangat dan terus belajar! Rock On!

 
1 Comment

Posted by on March 18, 2008 in Uncategorized

 

Tags: , , ,

One response to “Pilihan Ganda dan Uraian

  1. lely

    October 5, 2010 at 13:45

    belajarlah dengan giat , JANGAN MENYERAH .

    BELAJAR

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: