RSS

Menanam Ari-Ari dan Tagihan Internet yang Mahal

20 Apr

Tadi sore, nyokap gw cerita-cerita sama Ibu-ibu yang punya warnet di sebelah toko Nugget tercintanya kalo gw sama adek gw kalo pake internet di rumah suka overlimit. Waktu dikasih jatah 1 GB perbulan dengan tarif 200 ribu perbulan, pasti pembayarannya diatas 800 ribu. Akhirnya dikasih jatah 3 CB perbulan dengan tarif 400 ribu perbulan, tapi tetep aja abisnya masih 600 ribuan. *sekarang udah gak lagi kok.. soalnya diancam bokap kalo masih kelewatan lagi internet di rumah bakal dicabut*

Lalu, tiba-tiba nyokap gw berkata, “Kata bapaknya, mungkin ada hubungannya sama dulu pas ari-arinya ditanem, di dalemnya dimasukin IC (Integrated Circuit). Tapi waktu adeknya si ini (adek gw maksudnya) lahir, kan teknologi udah lebih maju, jadi IC yang masukin juga lebih canggih. Makanya sekarang mereka suka main komputer sampe g tau waktu, tapi adeknya lebih pinter dikit daripada kakaknya..” dalem hati gw bilang, “Baelah, lahir cuma beda setaun aja kok kayaknya kemampuan intelektual adek gw lebih mancai jauh banget daripada gw? Dia bisa lolos OSN TIK sampe tingkat DKI.. sementara gw? Itung-itungan matematika limit aja nilai gw pas-pasan buat lulus.”

Tapi.. emangnya ngaruh ya antara ari-ari sama kehidupan sesorang yang akan datang? Gw sih gak percaya tapi kalo denger beberapa cerita nyokap, gw jadi sedikit tergoda untuk mencoba percaya bahwa gw harus melakukan hal yang sama kalo nanti gw yang punya anak.

Tadi nyokap gw bilang, kalo dulu ada temennya bokap gw yang g percaya kalo ari-ari akan kembali lagi ke tubuh istri..*apa maksudnya gw juga masih belum ngerti* Akhirnya ari-ari anaknya di iket-iket jadi 4 simpul. Eh, ternyata pas anak keduanya lahir, ari-arinya udah ada iketannya 4 simpul!

Selain itu, dulu kakek gw selalu menanam ari-ari bokap gw dan adik-adiknya. Tapi saat anak ke-6 beliau lahir (oom gw yang paling muda), kakek gw memutuskan untuk bereksperimen untuk tidak menanam ari-ari anaknya. Ternyata waktu mereka tumbuh dewasa, tampak perbedaan yang sangat mencolok antara oom gw itu dan kakak-kakaknya. Oom gw itu jarang banget pulang mengunjungi kakek dan nenek gw waktu mereka masih hidup. Seakan gak ada rasa kangennya padahal pas lagi lebaran kan orang-orang biasanya kumpul sama keluarga mereka tapi dia mah enggak. Padahal kakak-kakaknya yang lain sering banget ke rumah orangtua mereka walaupun bukan waktu lebaran.

Ah, sudahlah. Mendingan baca ini aja kalo mau tau lebih lanjut tentang ari-ari dan kepercayaan masyarakat Indonesia.. Kenapa ya, kadang kepercayaan adat yang tidak jelas asal usul dan tujuannya *yang g bisa dijelaskan secara ilmiah* itu lebih ditaati daripada perintah agama kita sendiri? Padahal untuk yang satu itu jelas sekali.. bia dibuktikan secara ilmiah.

 
Leave a comment

Posted by on April 20, 2008 in Uncategorized

 

Tags: , , , , ,

Leave a Reply

 
