RSS

Hari Pendidikan Nasional

02 May

Hari ini sebenernya gw males sekolah. Secara paginya udah kesiangan, naik angkot abangnya ngetem, macet di pasar pondok gede yang g pernah absen dan sepertinya hari ini bakal sama kayak hari senin, selasa, dan rabu. Gak bakal banyak guru yang masuk kelas. Tapi gw paksain aja masuk soalnya kalo senin besok emang ada upacara bendera gw harus latian formasi sama anak-anak kelas gw yang jadi pasukan pengibar.

Ternyata prediksi gw bener untuk gak sekolah. Pagi-pagi, pas gw dateng terlihatlah kalo di lapangan udah berjejer palang-palang nama kelas. Huh, ternyata upacara hardiknas jadi dilaksanakan. Gw udah ngebayangin gak bakal kondusif suasananya. Secara banyak yang gak masuk, dan kakak-kakak kelas 3 pada mau ujian praktek. Pasti mereka prefer untuk mempelajari materi ujian daripada ikut upacara di lapangan. Kalo gw yang jadi mereka, mungkin gw bakal berpikir, “upacara kan bisa kapan aja. Tapi ujian praktik? oh noo ya gak ada lagi lah di masa depan.”

Dan benarlah prediksi gw. Anak-anak kelas 3 baris ke lapangan sambil bawa LJK gitu.. kalo dari belakang *PO kan barisnya di belakang* gw ngeliat sepanjang upacara kakak-kakak tersebut berdiskusi dengan teman-temannya. Cuma pas bendera dinaikkan aja mereka fokus sama upacara. Apalagi pas bagian amanat dari pembina.

Gw juga agak sebel sama bagian ini. Lama banget sih pidatonya pak kepsek, sampe ada teksnya gitu. Beliau bilang pidato tersebut adalah pidato dari Menteri Pendidikan Indonesia, bapak Bambang Soedibyo. Sekilas kalo diperhatiin, itu pidato isinya cuma basa-basi. Tapi kalo didengerin, bisa ditangkap kalo sepertinya mendiknas udah puas sama apa yang diperoleh bangsa indonesia selama dia menjabat.

Beliau bilang, sekarang bangsa Indonesia udah bangkit. What? Gak salah tuh.. mungkin emang udah lumayan kalo dibandingin sama zaman penjajahan belanda dulu. Tapi tetep aja menurut gw itu terlalu cepat berpuas diri. Atau mencari titik aman supaya pidatonya g diprotes orang. Kalo pendidikan Indonesia udah bangkit, harusnya ijazah Indonesia udah diakui di dunia Internasional dong. Nyatanya, mana? Sertifikat UAN cuma bisa dipake di Indonesia. Lagian apaan sih UAN? Cuma hasil akhir dari kerja keras kita selama sekolah 3 tahun. Seperti kata Nicholas Saputra, temen gw si Rea dan wartawan Kompas, “Tiga Hari Untuk Selamanya”

Oke, balik ke topik awal. Gw merasakan betapa ironisnya pidato bapak mendiknas tersebut dengan kondisi hari ini di sekolah gw. Anak kelas X dan XI terlantar. Guru-gurunya pada sibuk ngurusin Ujian Praktik kelas 3. Jadi ngerasa ke sekolah cuma membuang ongkos. Jam pertama abis upacara harusnya ada praktik. Tapi karena Laboratoriumnya dipake kakak kelas 3, kelas gw, ipa *, dan ipa * di kelas aja. Tiba-tiba datanglah Bu Yerni ke kelas kami.

Bu Yerni : Sekarang kalian praktik kimia kan?

Ipa 4 : Hah? Enggak bu! Hari ini giliran praktik biologi. (Gw g tau kalo hari ini harusnya praktik kimia, abisnya lupa terakhir kai praktik apaan)

Bu Yerni : Oh, berarti sekarang giliran ipa * ya yang biologi. Ibu salah kelas berarti. (terus beliau keluar kelas dan turun ke lantai dua)

Ternyata temen-temen gw langsung pada ketawa. “Hahahaa,” kata siapa gitu, “hari ini kan emang jadwalnya kimia.. yes! kita g ada guru. Cabut aja yukk..”

pas pulang, gw cerita-cerita sama anak Ipa * dan Ipa *. Lalu **** (nama disamarkan demi keselamatan jiwanya) merespon, “Tadi juga bu Yerni ke kelas gw. Tapi anak-anak kelas gw bilang, bu hari ini harusnya praktik fisika. Tapi pas bu Ellut masuk sebelumnya kita bilang sekarang jadwalnya praktik kimia. Tapi g lama kemudian bu elluth masuk kelas gw lagi. Huh, kena karma kelas gw”

terus si **** anak ipa * juga bilang, “Tau tuhh tadi bu Yerni juga ke kelasku. Terus anak kelasku bilang, yah ibu kan waktu itu udah praktiknya yang mau bikin sabun tapi g jadi gara-gara bahannya kurang. Sekarang kita praktik biologi bu harusnya. Yang praktik kimia tuh ipa 4” (tapi bu yerni g ke kelas gw lagi sih)

Wah, parah. Di hari pendidikan nasional kita malah ngerjain guru yang tak berdosa. Ironis sekali bukan? Kita udah ngusir orang yang mau mendidik kita.. bukannya menghormati beliau. Padahal beliau mau capek-capek ngajar kenapa kitanya malah g mau diajar? Maafkan kami ibu..

Abis itu istirahat. Keadaan di kelas mulai parah. Ada yang pulang (Sky, gara-gara sakit cacar) dan ada yang menghilang entah kemana sampe bel masuk lagi. Padahal tasnya masih ada di kelas. Harusnya jam segitu pelajaran biologi, tapi karena bu Eldi g masuk jadilah kita disuruh ngerjain soal buku esis sama bu erna. Harus dikumpulin ke Pak Harno pas istirahat. Parah mana banyak yg g bawa buku esis. Abis itu buku berat banget dan yang kita tau bu eldi masih dalam pemulihan abis operasi jadi pasti g dateng. Akhirnya yang ngerjain cuma yang punya buku. yang lainnya nyalin doang *termasuk gw*

Terus pas istirahat kedua, banyak anak yang melarikan diri. Gw g tau kapan mereka pergi, yang jelas waktu pelajaran sejarah anak ipa 4 yang tersisa cuma 11 orang (gw, destri, jeje, ayu, sisca, breke, laras, aga, Opung, ruslan, dan jodi). Padahal kita cuma disuruh nonton film tentang PKI gitu di lab IPS. Jadi berasa kayak anak aksel. Eh, super aksel. Anak aksel aja ada 20an orang, lah kita cuma 11. Sekalian aja main bola di lapangan (apaan sih jayus banget).

Jam terakhir, pelajaran kimia. Ternyata bu Yerni udah nunggu di kelas *ternyata beliau g marah abis diboongin tadi pagi*. Begitu ngeliat kita cuma bersepuluh, beliau jadi males ngajar kayaknya. Tugas yang diberikan dijadikan PR. Kata Bu Yerni, kita terserah mau ngapain aja, yang penting g keluar dari kelas. Akhirnya gw, Laras, dan Destri tidur. Ruslan main gitar. yang lain kayaknya ngobrol. Bu Yerni nulis-nulis di meja guru.

Huahh. di hari pendidikan nasional malah g dapet pendidikan sama sekali. Kacau.

 
32 Comments

Posted by on May 2, 2008 in Uncategorized

 

Tags: , , , ,

32 responses to “Hari Pendidikan Nasional

  1. dantyka

    May 2, 2008 at 15:02

    pantesan gw bingung tadi kok bu yerni malah kluar bukannya ngajar. ternyata diboongoin to..

    visi tadi sejarah cman nonton doank apa ada tugas?
    bu tami marah-marah ga?

     
  2. Rea

    May 2, 2008 at 15:59

    eh, ada nama gue disebut..

    hahaha, hari pendidikan nasional… pendidikan banget yah?

     
  3. fishy

    May 2, 2008 at 16:05

    * dantyka : cuma nOntoN film pki. G marah c tpi mukanya juTek gTu. Iya iTu gara” ada yg boOngin. Ktanya minGgu dpan ulangan loh. BahanNya dari film yg tdi ditoNtoN.

    * rea : cie ketauan cAbUt. Hha..

     
  4. Rea

    May 2, 2008 at 16:22

    hah? ulangan? mati aja lah… ttg PKI? huh, paling males gue…

     
  5. dantyka

    May 2, 2008 at 16:53

    eh.. eh..
    tapi minggu depan bukannya ada maulid ya?
    brarti kita ga ulangan kan?

    *rea ketua rohis: maulid jumat dpan kan?

     
  6. fisHy

    May 2, 2008 at 21:33

    * rea & danty : itu sih kata bu tami. Gak tau juga mungkin beliau lupa kalo ada acara maulid.

     
  7. achoey sang khilaf

    May 3, 2008 at 09:11

    Ka2 salut ama pelajar yg memperhatikan prannya dengan baik.

    Semangat!!!

     
  8. ssw

    May 3, 2008 at 11:58

    nonton flim PKI yang sering diputer pas jamannya soeharto itu???

    Bahan ulangannya dari situ???

    masih kontroversial………….

     
  9. fisHy

    May 3, 2008 at 13:01

    * achoey sang khilaf : hhe.. sebenernya cuma kasian aja sih sama guru-guru di sekolah saya. hhee.

    * ssw : kata bu tami emang gitu.. film itu dibuat untuk menaikkan popularitasnya presiden kita saat itu. Tapi ya udahlah ikutin aja dulu.. paling ntar soalnya esai, jelaskan pendapat kita mengenai apa yang terjadi pada bangsa Indonesia saat itu.. lo bisa puas menumpahkan segala macam pemikiran dan fakta-fakta yang lo punya. Sabar yah yu gais..

     
  10. ssw

    May 3, 2008 at 15:17

    Ooooooooo gitu,,, hahaha

     
  11. fisHy

    May 3, 2008 at 15:21

    * ssw : lo sering ngisi blog dong ahh. kalo perlu bikin aja di wordpress sekalian. gw yakin bakal banyak yang baca dan ngasi komen, soalnya kan tulisan lo bagus-bagus yo.

    eh ntar kalo pas generasi kita yang memerintah, lo bikin aja versi lo.. kata bu tami versi yang kemaren itu dibikin sama salah satu sutradara ternama indonesia saat itu. Jadi sebetulnya bukan sudut pandang pak Harto. Yah paling ada sedikit campur tangan beliau. Tapi g banyak. cuma jadi narasumber.

     
  12. mufidgosip.com

    May 3, 2008 at 18:38

    All: sebelum diputar di kelas, saya sudah menyatakan keberatan…karena film itu cuma propaganda pemerintahan orde baru. Tapi, kalau diputar juga dan dijadikan bahan ulangan….ya.. terima aja lah…hitung-hitung belajar kebohongan dari orde baru.
    Hari senin besok, jangan ada yang bolos lagi yah. Saya pasrah nih kalau dipanggil kepsek….

     
  13. fisHy

    May 3, 2008 at 18:46

    * pak mufid : menurut saya tujuan Ibu Utami menunjukkan kami film tersebut hanya untuk memberitahu kami, bagaimana pendapat si Pembuat film tersebut mengenai peristiwa G30S.

    Kalau mau menilai sesuatu, kita tidak bisa hanya melihat dari satu sisi saja. Tapi dari keseluruhan agar hasilnya objektif..

    Nah bagi saya film yang kemarin saya tonton adalah salah satu bagian dari kegiatan mengamati dari suatu sudut pandang, yaitu sudut pandang si sutradara.

    oia pak. Biarlah sekali-sekali IPA 4 g jadi kelas terbaik..

     
  14. Rea

    May 3, 2008 at 19:40

    *dantyka dan semuanya : gue bukan ketua rohis!

    emang yang film kemaren versinya siapa vis? yang berpihak ke pak harto ya?

     
  15. fisHy

    May 3, 2008 at 19:43

    * rea : iya film yang dibuat untuk menambah popularitasnya pak harto.

    eh kok jadi pada ngomongin PKI gini sih?
    perasaan judul postingannya hari pendidikan nasional deh.

     
  16. dantyka

    May 3, 2008 at 20:00

    *rea: iia2 rea bukan ketua rohis

    *pak mufid: pak maaf ya kmaren saya ikutan cabut.

     
  17. Rea

    May 3, 2008 at 20:39

    *pak mufid : dantyka nggak usah dimaafin, pak.. Tapi kalo saya ya dimaafin lah..

     
  18. fisHy

    May 3, 2008 at 20:43

    * dantyka & rea : bertobatlah kau nak. Siap-siap dilarutkan sama bu yerni gara-gara pada cabut.

     
  19. dantyka

    May 3, 2008 at 21:00

    *rea: yang ada juga lo kali yang ga usah dimaafin. ikut osn kok cabut sekolah.hhe
    rea sampein minta maaf gw ke bu yerni juga y!

    *visi: hari senin gw paling depan lagi.. harus siap2 mengendap sebelum dilarutkan

     
  20. fisHy

    May 3, 2008 at 21:02

    * danty : wahh sangat tidak beruntung sekali dantyka.. hari senen malah di depan. Kaya gw dong nomor 2 dari belakang pasti enak.

    * rea : tau nihh rea. masih kecil aja sok mau cabut kaya udah gede ajaa.

     
  21. ssw

    May 3, 2008 at 23:01

    kelas 2ipa4 menurut gw bakal jadi kelas terbaik, kalo murid-muridnya jujur…

    bilang jelek buat yang jelek, bilang bagus buat yang bagus, bukannya pura-pura bilang bagus ke yang jelek…. (sekali-kali boleh lah)

    hahaha…

     
  22. Rea

    May 3, 2008 at 23:13

    *dantyka : ngga usah bawa-bawa osn dah..

     
  23. ssw

    May 4, 2008 at 00:07

    ni, blog gw : lampuminyak.wordpress.com

    yang di fs gw tutup.

     
  24. fisHy

    May 4, 2008 at 10:08

    * ssw : menurut lo, kita semua udah jujur atau blm? Kalo blm kenapa pak Mufid sering cerita masalah kelas kita dibilang terbaik *menurut kepala sekolah..

    * rea : ehm. rea. tapi anak OSN harus memberi contoh yang baik juga kepada yang lain..

     
  25. lampuminyak

    May 4, 2008 at 17:00

    belom terlalu,

    ya, itu subjektivitas gw aja si….
    g penting…

     
  26. mufidgosip.com

    May 4, 2008 at 18:58

    all: hahahaha…….seru nih, udah mulai bicara tentang kejujuran. Mengenai predikat terbaik itu…. saya gak pernah berharap hanya mencoba melakukan yang terbaik dan saya yakin, jika kita melakukan hal baik maka akan datang kebaikan pula kepada diri kita.

    visi: maksud saya ttg film PKI itu, kalau ditonton tanpa ada panduan dari yang mengetahui peristiwa tsb akan semakin menyesatkan kita semua terhadap kebenaran dari kejadian itu, gak cuma PKInya..di sana juga ada tentang Supersemar, Wanjakti, dsb yang sampai sekarang masih buram …. tapi ya sudahlah…
    mudah-mudahan kalian semua dapat menangkap dengan jernih makna film tersebut..

     
  27. fisHy

    May 4, 2008 at 19:00

    * pak mufid : tenang aja pak! Bu Tami setia menjelaskan dengan sabar kok.
    kan yang nonton cuma 11 orang. Hhhaa.. kita cuma nunggu adegan pembunuhannya aja kok. Seru banyak tembak-tembakan!

     
  28. achoey sang khilaf

    May 5, 2008 at 09:48

    terus berjuang dik
    tuk jadi pelajar yang baik😀

     
  29. buoneparte

    May 5, 2008 at 10:22

    tuh, gmn sih… udah gak ngedengerin pidato KepSek, pake ngeboongin guru lagi, gmn mo maju ni anak sekolah Indonesia, hehehehehehe….
    Tp gw merasa pidato Pak Menteri terlalu ABS alias Asal Bapak Senang. sekarang semua nya rancu, kita dibilang sudah berhasil ini, berhasil itu, tapi patokannya apa?? gak jelas. Rakyat msh ngantri beras, minyak tanah langka, yg miskin makin miskin, yg kaya makin kaya. Kalo gw sih, biar tuh upacara cepet selesai, suruh aja satu kelas pura2 pingsan pas upacara.. It works, gw pernah praktekin koq, 1 kelas IPA pingsan gantian pas upacara, hehehehehehehehe

     
  30. fisHy

    May 5, 2008 at 22:30

    * bouneparte : Rakyat msh ngantri beras, minyak tanah langka, yg miskin makin miskin, yg kaya makin kaya. itu mah pidatonya menteri perekonomian, bukan menteri pendidikan. Mana ada menteri pendidikan ngurusin harga beras?

    kalo pingsan pas upacara, terlalu ekstrim ah menurut gw. Dulu para pejuang kita rela mati untuk ngibarin bendera. Kenapa kita yang tinggal ngerek terus hormat pake pura-pura pingsan?

    * achoey sang khilaf : terimakasih atas dukungannya.

     
  31. ulan

    May 6, 2008 at 17:50

    cabut ajaaaaaaaaaaaaa…
    *salah advice*

     
  32. fisHy

    May 6, 2008 at 18:30

    * ulan : itu mah udah sering. loh?

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: