RSS

Kedewasaan dan Usia

19 May

Banyak orang yang bilang, kedewasaan itu gak ditentukan dari usia. Tapi kalo menurut gw, kedua hal tersebut memang berkaitan kok. Tadinya gw juga menganut paham yang pertama, tapi setelah melalui diskusi dengan bokap gw yang kebetulan lagi pulang ke Jakarta, gw jadi mengubah sudut pandang gw mengenai kedewasaan.

Sebenernya, kedewasaan itu apa sih? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Balai Pustaka, kedewasaan ialah keadaan dimana seseorang sudah dewasa. Nah, dewasa itu sendiri artinya telah sampai umur. Kalo gitu, berarti kedewasaan dan usia memang berhubungan bukan? Seseorang dibilang dewasa bila telah mencapai usia tertentu. Buktinya, secara hukum seseorang diakui sudah dapat membuat pilihan sendiri kalau umurnya sudah 17 tahun.

Mau bukti lain kalo kedewasaan dan usia itu berkaitan? Hmm, ambillah contoh. Apakah yang lo pikirin kalau ngeliat orang antre beras waktu lo masih TK, waktu lo masih SD, dan waktu sekarang itu sama? Kalau berbeda, artinya pemikiran lo berkembang seiring dengan pertambahan usia yang lo alami. Apakah waktu kecil lo memikirkan rakyat itu antre beras karena tersendatnya pasokan beras untuk rakyat?

Gw rasa enggak.

 
10 Comments

Posted by on May 19, 2008 in Uncategorized

 

10 responses to “Kedewasaan dan Usia

  1. ompiq

    May 19, 2008 at 23:43

    menjadi tua itu pasti
    MEnjadi dewasa itu mungkin

     
  2. fisHy

    May 20, 2008 at 08:34

    *ompiq : kalau menurut saya, seperti lebih tepat kalau begini, orang yang berusia lebih tua dituntut untuk menjadi lebih dewasa.

     
  3. BOCHAI

    May 20, 2008 at 13:54

    hoooahmm.
    vis.
    lo tau ga standarisasi orang yang bisa dikatakan jadi dewasa?
    gw nanya.karena gw ga tau.

     
  4. Rea

    May 20, 2008 at 15:42

    iya, kedewasaan dan usia itu emang berkaitan.
    Tapi tiap orang pasti mencapai kedewasaannya pada usia yang berbeda-beda.

    Banyak kan orang yang udah tua tapi tindakannya masih kaya anak kecil…

    hahaha. sok tau gue..

     
  5. fisHy

    May 20, 2008 at 16:59

    * bochai : kalo pemerintah di Indonesia menetapkan berdasarkan usia, 17 tahun berhak menentukan pilihan hidupnya seperti mau milih siapa pas pemilu, mau nikah kek, dll.
    ada juga yang menentukan kalo seseorang udah dibilang cukup umur pas 16 tahun. Di Inggris setau gw yang kayak gitu.
    tapi ada juga yng menyatakan kalo cewek bisa disebut dewasa pas umurnya 17 taun, sementara kalo cowok 21 tahun.

    hm, kalo menurut gw sendiri, dewasa itu bisa menyikapi suatu permasalahan dengan baik, kalo memikirkan solusi mikirin apa yang terbaik untuk semua orang. jadi jatohnya win-win solution gitu.

    *rea : iya.. emang gitu juga menurut gw. Karena sebenernya setiap orang dituntut untuk jadi dewasa, gak peduli dia udah siap atau belum.

     
  6. BOCHAI

    May 20, 2008 at 19:04

    ha?
    dituntut?
    hoahmm…
    merujuk apa yug lo tulis di atas vis.
    gw kayaknya blom siap menjadi dewasa.
    hahaha.
    gw masih pgn maen2 kek anak kecil.
    hohoho.

     
  7. wacanbocah

    May 23, 2008 at 17:55

    Quotient dalam IQ itu kan merujuk pembagian, yakni kematangan faktual dibagi skala kematangan berdasar usia. Mungkin, lo

     
  8. Andra

    May 24, 2008 at 03:55

    berkaitan, tapi tidak identik.

     
  9. buoneparte

    June 4, 2008 at 17:11

    @Fishy : apa yg dibilang Ompiq bener tuh.
    Tua sudah pasti, Dewasa itu pilihan. Kalo gw sih bilangnya begitu. Maksudnya pilihan, bisa aja tuh orang umurnya tua, tapi cara pikir nya kyk anak umur 10 tahun, tukang ngambek, hehehehehe… ada loh temen gw yg begitu. Padahal umurnya udah 36, anaknya udah 3, tapi kalo ngambek kyk sepupu gw yg SD kelas 6.
    Bisa aja menurut Dia, dia udah bersikap dewasa, tapi menurut lingkungan sekitar dia khan belum tentu…

     
  10. fisHy

    June 5, 2008 at 11:05

    * buoneparte : yeah karena itu, menurut saya yang tepat adalah setiap orang dituntut untuk bersikap dewasa seiring dengan pertambahan usianya..

     

Leave a Reply

 
