RSS

Sindrom Pra-Demisioner

13 Aug

“Prit-Prit-Priiit-Prit” begitulah suara peluit yang digunakan untuk memanggil adik-adik CAPSIS agar segera berkumpul di tempat dimana peluit tersebut ditiupkan. Kadang gw suka ngerasa iri. Wah enak ya mereka. Masih setaun lagi bisa ngerespon panggilan peluit. Nggak kayak gw yang tinggal 4 hari lagi harus mulai ngelupain kalo peluit Priit-Priit-Prit bukan dibunyikan untuk Rastra.

Yeah well. Akhir-akhir ini sekre kita selalu heboh dengan Sekretaris (Harini + Erlita) yang menagih laporan kegiatan serta Laporan PertanggungJawaban kegiatan yang masih ngutang. Bendahara (Nurul + Dea) yang bingung karena banyak catatan keuangan ghaib, Rino si ketua yang pusing bikin pidato LPJ sampe sakit gak masuk sekolah. Semua anak yang biasanya jarang main ke sekre tiba-tiba jadi rajin ngadem untuk memuaskan diri sebelum nggak boleh masuk ke dalem lagi.

Tepat setahun yang lalu, 13 Agustus 2007 jam 20.07 di depan rumahnya kak Lintang, kita menemukan nama Ganezvara Dhiprarastra sebagai nama kabinet kita. Ganezvara artinya pemimpin, Dhipra artinya pintar, sementara Rastra berarti cermat dan cekatan. Nama adalah doa dan harapan. Jadi kita berharap saat kita menjabat nanti kita menjadi pemimpin yang pintar, cermat dan cekatan.

Waktu kita jadi Capsis dulu, gw inget banget, kita punya banyak mimpi. MImpi yang membuat kita semua makin semangat untuk mengisi masa jabatan kita dengan mengejar mimpi dan meraihnya. Alhamdulillah, banyak yang terlaksana misalnya RevIIval Sport Competition and Art Festival 2008 yang berhasil terlaksana dengan aman dan lancar, dan terutama, gak defisit!

ah sudah hentikan. Sebenernya gw mau mendongeng mengenai apa yang gw rasain di hari-hari terakhir sebelum gw pensiun dari kepengurusan OSIS di SMA Negeri 81 Jakarta. Jadi gw mulai dengan paragraf di bawah.

Gw inget banget dulu gw banyak berkorban. Gara-gara ada tugas Capsis gw ditinggal sendirian di rumah sama keluarga gw yang pergi liburan ke Bali. Liburan gw isinya cuma ke sekolah, paling jalan sama temen-temen sekelas gw doang abis itu ya nonton TV kalo nggak main komputer. Terus gw sering pulang malem gara-gara ada nananana sampe diancem bokap kalo masih pulang malem lagi gw harus mundur dari Capsis. Tiap hari pergi ke sekolah bawa nemtek gede sampe sering ditanyain tukang ojek, “Mau main layangan dimana, neng? Kok pake seragam sih?” terus nguncir dua rambut gw dengan pita ungu norak di mikrolet sambil diliatin penumpang lain. Tiap kali dibarisin selalu disorakin sama kakak-kakak kelas yang lagi duduk-duduk di podium. Kalo lagi pelajaran suka tidur di kelas gara-gara kecapekan dan di rumah nggak bisa tidur karena harus ngerjain PR dari guru. Waktu malem sebelum pelantikan diomelin kakak-kakak Zazka gara-gara gw nggak bisa-bisa hormat Rastra.

Abis dilantik semangat banget tuh gw kerja. Sampe-sampe sempet lupa kalo tugas utama gw itu adalah belajar. Yah, mengurus organisasi itu juga belajar sih (definisi belajar itu adalah berubah dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak tahu menjadi tahu), tapi kan beda akademis sama non-akademis. Pokoknya rapot bayangan semester I gw kacau deh. Untung rapot SAS nggak ada rangkingnya kalo ada bisa-bisa gw jadi rangking 40. Pada akhirnya gw bisa juga menentukan prioritas, kapan harus mementingkan pelajaran, kapan harus mementingkan organisasi, dan gw terbiasa mengambil keputusan. Apapun hasilnya gw nggak nyesel udah ngambil keputusan itu.

Gara-gara jadi Pengurus OSIS gw jadi makin kenal banyak orang. Biasanya temen gw terbatas itu-itu aja tapi sekarang mau nggak mau jadi kenal sama berbagai macam orang di sekolah. Gara-gara jadi Kamit waktu Trip Observasi juga gw jadi mengenal beberapa adik kelas, dimana biasanya gw cuek banget sama mereka. Ada ya udah nggak ada ya nggak apa-apa. Gara-gara jadi panitia kegiatan gw jadi ngerti kalo kita harus selalu nunjukin yang terbaik buat orang lain, nggak peduli walaupun kita nggak suka yang penting orang bisa seneng. Rasanya pandangan gw terhadap kehidupan SMA terbuka lebar. Gw jadi tau kalo pengetahuan gw selama ini masih kurang.

Hmm.. kalo taun lalu gw nggak ngambil formulir di sekretariat MPK dan ngebalikin pas wawancara, gw bakal nulis postingan tentang apa ya? Pasti hidup gw bakal monoton. Gitu-gitu aja. Jadi anak baik yang nggak pernah cabut dari kelas karena ngetik surat atau nggak pernah dilarang masuk karena terlambat dateng. Nggak biasa tidur malem dan ngerasa tertekan deadline tugas, hapal gosip selebritis di Indonesia tapi nggak tau gosip paling hot satu sekolahan.

Yah semua emang udah ada yang mengatur. Alhamdulillah jalan hidup gw diatur jadi seperti ini. GW bersyukur banget.

 
10 Comments

Posted by on August 13, 2008 in uncategorized

 

Tags: , , ,

10 responses to “Sindrom Pra-Demisioner

  1. RieZA Jordan

    August 13, 2008 at 20:21

    pertamax vis….hahahah
    kaskus bgt tgw

     
  2. fisHy

    August 14, 2008 at 04:19

    * rieza jordan : ASHIQO. hahahhaa

     
  3. neorhazes

    August 14, 2008 at 18:47

    keduax
    hho..

     
  4. fisHy

    August 14, 2008 at 20:03

    * neorhazes : haha apaan sih kok jadi ikut-ikutan si Eja. ASHIQO.

     
  5. neorhazes

    August 14, 2008 at 20:20

    ayo2 tulis tema ttg PEMILOS xD

     
  6. fisHy

    August 14, 2008 at 20:22

    * neorhazes : ok nih lagi mau nulis.

     
  7. Fauzi

    August 14, 2008 at 21:11

    wah emang SMA hambar klo gak ikut organisasi

     
  8. fisHy

    August 14, 2008 at 21:14

    * fauzi : setuju! apalagi kelas dua hahahaha seru banget tuh! kalo kelas tiga sih gw malah ogah.

     
  9. puut

    August 27, 2008 at 17:40

    nanya donk!!
    program kerja wakil sekretaris gmn sih??
    soalny gw jd BPH.

     
  10. visi

    August 27, 2008 at 17:42

    setau gw wakil sekretaris nggak usah bikin proker. Tapi dia tugasnya nyimpen arsip surat-surat yang dari luar sekolah..

     

Leave a Reply

 
