RSS

Sidang LPJ yang Membahagiakan

17 Aug

Seperti yang dilaksanakan di sekolah-sekolah lain saat Pengurus OSIS mereka akan melepaskan jabatannya, kemarin di Sekolah gw, SMA Negeri 81 Jakarta dilaksanakan Sidang Laporan Pertanggungjawaban Pengurus OSIS Ganezvara Dhiprarastra Masa Bakti 2007/2008.

LPJ kita tebalnya 800 lembar. Wau, Rini sama Lita sampe kayak orang encok pas bawa LPJ ini ke sekolah. Gw merasa gagal jadi sekretaris kegiatan LK CAPSIS sama Renew D’Tenssion. Gw masa lupa ngumpulin arsip-arsip surat ke Harini padahal lengkap tuh gw koleksi buat LPJ sama LK (Laporan Kegiatan). Alhasil LPJ-nya jadi tipis begitu padahal bisa lebih tebel lagi.

Hari Jumat, beredar jarkom kalo Rastra harus kumpul di sekolah jam setengah 7 pagi untuk bayar seri dan persiapan ngebaca ulang LPJ sekaligus membuat perkiraan kira-kira MPK bakalan nanyain apa aja. Gw panik banget pas sampe sekolah dan ngebaca LPJ Renew D’Tenssion. Ternyata fotokopian proposal yang dimasukin kesitu adalah fotokopian proposal yang belum ada tanda tangan Pak Suyitno-nya, selain itu tanggal pelaksanaan kegiatannya masih 25 Juni. Setelah itu gw periksa LPJ-nya LK Capsis 2008. Ternyata yang dimasukin Rini adalah ketikan dari e-mail gw yang pertama dan di situ masih banyak banget bagian-bagian yang masih kosong. Kacau banget deh pokoknya.

Tapi ternyata sidang yang semula akan diadakan jam 9 pagi tersebut diundur jadi jam 10. Huahh bosen gw nunggu, bingung mau ngapain abis LPJ udah salah semua gitu fatal pula. Pasrah deh gw jadinya. Tadinya sempet niat bikin surat baru dengan sedikit akal-akalan tapi untungnya nggak jadi soalnya Mbak-mbak yang tugasnya mengoperasikan mesin fotokopi di copycenter lagi pusing. Gw jadi males.

AKhirnya cewek-cewek Rastra malah jadi foto-foto. Di dalem sekre, di luar sekre, deket back drop RevIIval, deket bendera OSIS, yang pokoknya bergaya dengan pose yang nggak mungkin lagi kita alami esok-esok hari, yaitu bergaya dengan jas abu-abu kesayangan kita. Sebelum sidang mulai, RIni sama Jaya sempet ngasih pengarahan kalo nanti selesai sidang kita bakal difoto sendiri-sendiri dengan gaya formal tapi tetep senyum untuk foto di sertifikat dari sekolah untuk membuktikan kalo kita emang beneran diakui sebagai Pengurus OSIS-nya SMA Negeri 81.

Jam 10 sidang resmi dibuka. Rastra berdoa supaya sidang ini lancar. Soalnya adek-adek Capsis dan Pra-cista ikutan nonton juga malu dong kalo nggak diterima LPJ-nya. SIdang pun dibuka dengan sambutan-sambutan. Dari Pak Iskandar sebagai Wakasek Bidang Kesiswaan, MPO, Luthfan si Ketua MPK, lalu Ariantyono si Ketua Pengurus OSIS. Gw tiba-tiba jadi salut banget sama Rino. Karena kerja kerasnya dia bisa membacakan pidato pembukaan Sidang LPJ dengan lancar, yah walau sesekali ngeliat teks aslinya tapi entah kenapa Rino jadi kelihatan lebih dewasa saat membaca pidato. Rino juga menyebutkan kalau jumlah proker yang terlaksana dibagi dengan jumlah proker yang dirancang pada awal masa jabatan dikali dengan seratus, maka akan menghasilkan angka 74 koma sekian persen.

Oke, selanjutnya BPH diharuskan menjelaskan program kerja mereka, dan MPK berhak mengajukan pertanyaan setelah semua BPH menyelesaikan laporan kerja seksi mereka di akhir tahun. MPK Cista Niti Pranagata langsung memberikan pertanyaan pertama begitu diberi kesempatan. Kalo nggak salah, pertanyaan pertama diajukan untuk Seksi 5 mengenai perbedaan uang nananana di proposal sama di LPJ. Terus pertanyaan datang bertbi-tubi. Sampe akhirnya sidang dipotong jam 12 karena adzan jadilah kita break dulu.

Nah abis break, dilanjutin lagi sidangnya. Pertanyaan MPK bukannya makin reda malah makin banyak. Gara-gara pada abis makan siang kali yah jadi mereka makin semangat. Sampe tiba-tiba Pak Suryo bilang, “Nak, saya batasi 2 orang penanya lagi, karena waktunya sudah mepet.”

Sampe akhirnya, tibalah saat penentuan keputusan final. Kita semua deg-degan menanti kalimat akhirnya Pak Iskandar. Tapi kalimat yang kita tunggu-tunggu nggak keluar-keluar. Abisnya Pak Is muter-muter gitu sih jawabnya, tapi pada akhirnya beliau berkata tepat pada pukul 14.14, “Berdasarkan sidang Laporan Pertanggungjawaban Pengurus OSIS Ganezvara Dhiprarastra yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 16 Agustus 2008 kami selaku MPO menyatakan bahwa Laporan Pertanggungjawaban Pengurus OSIS Ganezvara DITERIMA TANPA SYARAT.”

Satu aula mendadak heboh. Rastra, Cista, Capsis, Pra-cista berjingkrakan di aula. Kita salam-salaman, peluk-pelukan terus sampe foto-foto bareng juga. Pokoknya heboh. Terus kita pindah ke lapangan dan podium, terus foto-foto melulu.

Makasih untuk Ganezvara Dhiprarasta yang udah berjuang sama-sama selama setahun ini, Cista NIti Pranagata yang udah ngasih saran demi kelangsungan kerja kami.. Untuk MPO yang udah mau tanda tangan dan mendukung terlaksananya proker-proker kami, Untuk Capsis, yang udah bersedia meneruskan perjuangan kami, untuk pra-cista, yang udah mau nonton juga sidangnya taun depan elo yang mengalami.

* sampe sini dulu gw disuruh berhenti sama adek gw.*

 
9 Comments

Posted by on August 17, 2008 in uncategorized

 

Tags: , , , ,

9 responses to “Sidang LPJ yang Membahagiakan

  1. Fauzi

    August 17, 2008 at 19:20

    akhirnya ketulis juga tentang ini. ah Si Rino mau jadi pak Suyitno ya??? panjang bener pidatonya. untung di sidangnya kita duduk n ruangannya ber-AC, coba klo di lapangan panas n berdiri.

    wah gw gak tau deh perasaan gw bakal kayak apa klo nanti kelas 3. lepas jabatan cuiy

     
  2. fisHy

    August 17, 2008 at 19:32

    * fauzi : kagak woi! emang proker kita banyak jadinay begitu. kan harus ngejelasin inti dari apa yang mau disampaikan BPH. Iyalah siapa juga yang mau disidang LPJ sambil berdiri.
    Hmm.. tunggu tanggal mainnya (17 Agustus 2009) kalo lo emang merasa bagian dari organisasi lo, pasti lo bakal sedih banget kalo sadar saat lepas jabatan itu lo bukan lagi bagian dari Organisasi yang lo ikuti..

     
  3. ARS

    August 17, 2008 at 23:53

    Wueleh.. pak Iskandar masih betah tho di 81๐Ÿ˜€

     
  4. fisHy

    August 18, 2008 at 06:30

    * ARS : haha iya tuh masih betah sepertinya. Alumni 81 ya? angkatan apa kak?

     
  5. deltaadeltoo-NP. :D

    August 18, 2008 at 10:00

    ciee yang LPJnya diterima! setahun kedepan gw kaya apa yak? hhaa.

    itu beneran LPJnya 800 lembar? busyet.

     
  6. neorhazes

    August 18, 2008 at 13:55

    800 LEMBAR!

    itu gimana ntar LPJ Presiden yak.. ckckckc..

     
  7. fisHy

    August 19, 2008 at 00:06

    * delta : beneran. malahan seharusnya lebih soalnya blm digabung sama LPJ RevIIval, Renew D’Tenssion blm lengkap arsipnya, LK Capsis juga blm selesai laporan dan arsipnya..

    * neorhazes : iya gw juga sempet mikirin LPJ presiden bisa aja dibagi jadi beberapa bagian. jadi per bidang dibedain jilidannya.

     
  8. puut

    August 27, 2008 at 17:44

    program kerja wakil sekretaris gmn sih??

     
  9. visi

    August 27, 2008 at 17:47

    * puut : setau gw wakil sekretaris nggak usah bikin proker. tugasnya cuma nyimpen arsip-arsip surat yang masuk dari lembaga lain, misalnya undangan lomba dari sekolah lain, undangan seminar dari perusahaan apa.. sama jadi MC kalo rapat dan jadi notulisnya sekalian.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: