RSS

Syok (sedikit) Berat

01 Mar

Baru saja gw selesai menjalani satu fase penting dalam hidup gw, dan gw merasakan syok hebat melanda diri gw. Ah entah kenapa tadi pas ngerjain soal gw malah ngerasa nggak pede sama kemampuan diri gw sendiri. Kemana semua ilmu yang udah gw pelajari? Sepanjang gw ngurek-ngurek lembar jawaban komputer, gw nggak bisa berhenti mikirin segala kemungkinan yang ada. Gimana kalo lulus? Alhamdulillah. Gimana kalo nggak lulus? Ya nggak papa coba lagi. Masih banyak jalan lain menuju masa depan yang diharapkan. Tapi susah untuk mengatakan hal yang kedua, karena diri gw sendiri nggak pengen tahu kalo gw ini sebenarnya gagal.

Dari pertama dateng, mood gw langsung seikit terganggu karena gw dapet tempat di bawah AC. Dingin banget selama ngerjain sampe pas megang pensil aja tuh tangan gw rasanya mengalami penebalan kulit. Terus gw juga dapet tempat duduk di depan meja pengawas. Sedikit nggak enak menurut gw, karena si pengawas beberapa kali malah nanya-nanya ngajakin gw ngobrol. Padahal awalnya gw udah seneng-seneng aja dapet tempat tes di SMA Negeri 61 Jakarta, soalnya nggak jauh dari rumah dan sekolah gw (kalo dibandingin sama temen-temen gw yang dapet lokasi ujiannya di SMK-SMK Negeri di daerah Jakarta Selatan yang denger namanya aja mereka nggak pernah) dan nggak susah nyarinya karena gw udah kenal.

Perasaan gw memang berubah sedikit lebih baik saat istirahat tiba, usai mengerjakan soal kemampuan IPA gw langsung Salat Dhuha dan berusaha meminta pertolongan Allah SWT supaya gw diberi ketenangan dalam mengerjakan soal-soal selanjutnya. Sebelumnya gw cuma ngisi 34 dari 75 soal. Ini udah parah sebenernya, setengahnya aja nggak ada gitu tambahan lagi belum tentu yang gw isi benar. Sudah salah satu kalo sepengetahuan gw sih. Gara-gara gw lupa ciri-ciri utama nemathelmintes sama arthropoda tapi gw tetep nekat menembak jawaban dan alhasil salah beneran.

Lalu tibalah saatnya mengerjakan soal kemampuan dasar. Seperti biasa, gw mulai dari Bahasa Inggris. Lumayan lancarlah kalo dibandingin sama tes yang pertama tadi. Kemudian Bahasa Indonesia juga tumben-tumbenan otak gw nalarnya cepet. Tapi begitu ngebuka soal matematika dasarnya gw jadi panik. Banyak banget yang maksud dari soalnya aja gw nggak ngerti maksudnya apa, boro-boro mau ngejawab. Dalam waktu satu jam yang bisa gw pecahkan cuma 8 soal, dan itu juga udah salah satu. Soal yang bunyinya ‘berapa kemungkinan terambilnya bola yang berwarna sama‘  diterjemahkan otak gw menjadi ‘berapakah kemungkinan terambilnya bola yang berwarna merah‘. Gw baru sadar akan hal ini setelah gw keluar dari ruangan dan iseng membahas soal-soal yang gw harus gw cari jawabannya tadi bersama kedua orangtua gw selama perjalanan pulang. Uh, tau gitu tadi gw pake sepatu putih berhak 3 cm gw aja, bukannya sepatu merah motif kotak-kotak meriah kesukaan gw. (emang ngaruh gitu?)

Tapi gw bersyukur karena respon yang diberikan kedua orangtua gw adalah kalimat-kalimat pembangkit semangat, bukannya mereka nge-judge gw ini payah. Nyokap gw bilang, “Udahlah kamu sekarang berdoa aja, siapa tau nanti Allah ngebikin jawaban kamu yang kosong-kosong itu ada isinya waktu di scan.” Kata bokap gw juga, “Siapa tahu itu jebakan. Dulu juga waktu Bapak tes ada pilihan jawaban ‘tidak ada jawaban’. Jadi kalo diisi malah salah..”

Yah apalah hasil akhirnya nanti, gw tetep lega karena udah berusaha nunjukin yang terbaik dari diri gw. Mungkin aja kata-kata nyokap gw barusan jadi beneran? xp Semua ada di tangan Allah.

 
2 Comments

Posted by on March 1, 2009 in uncategorized

 

2 responses to “Syok (sedikit) Berat

  1. Don Papin 07-09

    March 1, 2009 at 20:53

    Kok soalnya beda sih Kak? Saya ga ada deh soal yang kayak gitu.

     
  2. Visi

    March 2, 2009 at 04:07

    Wow. Iya katanya emang beda-beda Pin di tiap lokasi. Kode soal kamu berapa Pin?
    Kode saya 965 yg ipa. Yg dasar 962.

     

Leave a Reply

 
