RSS

Untung Belum Jamuran

24 May

Ah gw jadi pengen ketawa ngeliat judul posting yang ini. Yaiyalah, gimana bisa ada jamur di internet? Apakah bakal berbentuk basidiomycotina, deuteromycotina, ascomycotina, kan nggak jelas? Kasian nanti dia jadi jamur yang nggak bebentuk.

Great, setahun sekelas sama Mukti, gw jadi ikutan jayus. Awas lo, Muk. Nggak deh, bercanda. Gw jadi kangen mendadak sama blog ini, gara-gara si Happy adek kelas gw nulis mulu di plurk. Yaudah, gw akhirnya kepikiran mau bikin posting macam apa. Yang pasti, isinya nano-nano. Gw belum ngasi tau kan pengalaman UAN? Ujian Praktek? UAS? Tes UNAIR? Oh ya, yang paling baru juga, foto BT *Yearbook deh, biar kerenan dikit*.

Mulai dari UAN. Jujur, gw sempet setres satu minggu sebelum UAN. Gimana nggak setres, secara nilai try out matematika gw masih belum beranjak dari angka lima. Cuma naik komanya, lima koma tujuh. Grrh gara-gara itu juga nyokap gw diundang khusus oleh Wali Kelas gw tersayang Bu Eldi untuk berbincang-bincang dengan Guru Bimbingan Konseling. Gw cuma bisa bilang kalo ekspresi muka nyokap gw sangat datar pas gw nyerahin undangannya. “Kamu kenapa? Try Outnya terlalu susah ya?” Udah, itu doang komentarnya. Tapi mendadak muka nyokap gw keliatan bingung abis dia ngomong itu. “Nanti ibu harus ngomong apa sama guru kamu? Ibu kan udah liat tiap hari kamu belajar sampe malem.” Gw lupa gw jawab apa. Pokoknya abis itu gw langsung ke kamar. Nangis. Perasaan gw saat itu, hm apa ya? Merasa jadi orang paling gagal. Tapi gw malah dimarahin sama nyokap gw gara-gara nangis. Beliau bilang, kalo gw nangis berarti gw menyerah dengan keadaan. “Emangnya kamu mau dicap nggak lulus sebelum UAN?” gitu kata nyokap gw. Ah tapi tetep aja, dibilangin kayak gitu bikin gw malah tambah sedih. Masalahnya, ini tryout digelarnya seminggu sebelum UAN. Secara nggak langsung itu membuat otak gw merancang sugesti kalo yang ini aja gw nggak bisa ngerjain, apalagi pas UAN nanti?

Tapi untunglah pas UAN lancar. Nggak ngerti gimana caranya gw bisa ngerjain soal-soalnya dalam waktu yang relatif singkat. Masih sempet tidur dulu malahan pas UAN Bahasa Indonesia sama Bahasa Inggris *err oke, gw emang selalu tidur kalo tryout dua pelajaran ini, jadi wajar kan kalo pas UAN benerannya juga tidur?* Gw juga nggak tau gw dapet kepercayaan diri yang begitu besar darimana, padahal sampe hari Sabtunya *UAN dimulai hari Senin* gw masih punya pikiran gw terancam nggak bisa nyelesein UAN dengan selamat. Gw cuma banyakin doa, solat sunnah, tapi sayangnya nggak puasa. Abis nggak dibolehin sama nyokap gw pas minta bangun sahur dan gw males masak sendiri.

Setelah melihat soal UAN gw jadi memberikan penilaian bahwa soal tryout sekolah gw itu lebay. Tapi ada beberapa pelajaran sih yang ngepas kadarnya sama soal UAN. Pada beberapa mata pelajaran, kita belajarnya terlalu kompleks, yang susah-susah mulu yang diajarin, tapi yang gampang malah cenderung diremehin. Padahal kalo menurut gw, mestinya dimantepin dulu yang gampang, baru deh abis itu yang susah diajarin. Karena kalo mau hemat waktu, kita pasti ngerjain yang gampang dulu kan, baru yang susah? Yang susah mah nembak aja. Paling salah satu atau dua. Asalkan pas nembak baca bismillah dulu.

Ngomong-ngomong soal tembak-menembak jawaban, gw bilang mendingan nembak daripada kosong, termasuk saat Ujian Masuk PTN yang ada sistem minusnya. Yang penting yaa itu tadi. Nembaknya pake perhitungan dan berdoa semoga apa yang kita pilih itulah jawabannya. Kadang ada loh soal yang bikin kuncinya kebanyakan di satu abjad aja. Mau bukti? Temen gw nembak jawaban fisika 20 soal pas UTUL UGM kemaren D semua, terus biologi C semua, tebak apa yang terjadi. Dia keterima di Teknik Elektro. Selain itu menambah kemungkinan lo dapet poin tambahan atau nggak. Kalo dikosongin, udah pasti lo dapet nilai nol. Tapi kalo diisi, bisa plus 4 bisa minus 1. Tapi kalo misalnya dari 5 soal yang kita tembak bener 2 salah 3 aja kan udah untung. 2×4-3=5. Daripada nol kan mendingan dapet 5?

Oke, udah ah ngebahas UAN-nya. Pokoknya ditengah UAN itu gw dan 44 teman seangkatan gw dikasi kabar sama guru BK kalo kita dapet surat panggilan PMDK dari UNAIR. Gw rada nggak nyangka. Orang rapot kelas XI gw ngaco begitu kok bisa dapet panggilan ya? Aneh emang, tapi keanehan itu bikin gw seneng. *yaiyalah masa nggak seneng?* Tapi sayangnya itu surat fungsinya sebagai pengantar untuk ikut tes lagi di Surabaya. PMDK UNAIR emang beda sama PMDK lain, kalo lain cuma liat rapot dan dapet surat itu udah pasti keterima, kalo ini mah kagak. Disuruh tes lagi di Surabaya pula. Jadi kebayang kan, perjuangannya banyak. Apalagi untuk orang-orang yang tinggalnya nun jauh disana dari Surabaya. Untung Jakarta masih satu pulau, jadi nggak ribet-ribet amat bisa milih mau naik kereta, pesawat, bus, mobil pribadi, terserah.

Seminggu abis UAN, ada libur dua hari terus baru dilanjutin ujian praktek. Pas libur dua hari itu gw manfaatin untuk ngemaliin formulir PMBP ITB Terpusat. Jadi gw ke Bandung, nebeng si Eci pas hari Selasa. ITB juga rada ribet persayaratannya, kesannya jadi nyusahin orang. Tapi secara nggak langsung itu udah menguji seberapa besar niat si pendaftar untuk masuk ITB.

*dilanjut ntar

 
9 Comments

Posted by on May 24, 2009 in uncategorized

 

9 responses to “Untung Belum Jamuran

  1. Generasi Patah Hati

    May 25, 2009 at 04:42

    Wah2, blog memang ngangenin:mrgreen: . Wah UN kemarin menurutku yang sulit matematikanya T_T . Temanmu yg masuk EL UGM cewe apa cowo? Namanya sapa? Soalnya aku juga diterima di EL UGM:mrgreen: .
    Di Unair n ITB mau ambil jurusan apa? Good luck ya😀
    blognya asik nih, pasti yang punya juga asik😀

     
    • visi

      May 25, 2009 at 16:45

      ada 2 orang. 1 perempuan 1 laki-laki.

       
  2. ayas

    May 25, 2009 at 05:00

    hihi setuju kak soal tembak-menembaknya😀

     
  3. Don Papin 07-09

    May 25, 2009 at 14:52

    Sialan Kak, saya kalau enggak salah 17 soal nembak pas Biologi pakai bismillah tapi yang ditembak salah semua tuh. Ga adil.

     
    • visi

      May 25, 2009 at 16:45

      Haha belom rezeki kamu kali, Pin.
      Mungkin aja rezeki kamu nanti UI atau ITB..

       
  4. Happy

    May 30, 2009 at 19:54

    Ya Allahu kak posting ini kok tampak seram di mata saya.
    2 bulan lagi Insya Allah perjuangan kakak2 Olympus (dan Xeco) selesai dari SMAN 81.
    Emperor sama Twegonyx baru mulai berjuang. Allaaaaaaaah

     
    • visi

      May 31, 2009 at 23:10

      Ah jangan dianggap serem hep. Ntar kaya gw loh malah setres sebelum UAN. Dibawa santai aja, yang penting serius nyiapinnya.

       
  5. ID

    October 4, 2010 at 16:44

    Setidaknya harus ada 2 asumsi yg berlaku agar nembak anda dapat digunakan:
    1. Jawaban tersebar merata (ex: 100 soal, masing2 option a,b,c,d,e dapet sama persis 20 porsi) sehingga kemungkinan benar adalah 1:5 dan berkemungkinan dapet 20 bener, sehingga hasilnya:
    (20×4)-(80×1)=20 UNTUNG!!

    2. Jawaban berhimpit disatu option saja (hanya di a,b,c,d,e) *yg notabene mendekati mustahil
    hasilnya? (untuk 100 soal) kemungkinan benar adalah 1:5 untuk semua, tapi kalo meleset ya dapet -100

    FAKTA: SAYA SUDAH PRAKTEKKAN CARA INI !!
    saat try out SNMPTN pada sebuah bimbel tertentu huruf depannya N belakangnya F (*nama bimbel saya samarkan)
    hasilnya?
    matematika dasar saya dapat -20, saya nembak di B semua, ternyata hanya ada 1 jawaban B dari 25 soal (4×1)-(25×1)= -20
    saya masuk 50 besar nasional dengan Matdas -20, guru pembimbing saya bilang :”mendingan dikosongin deh, bisa tingggian peringkatnya”

    besoknya lagi saya belajar dan ngisi matdas cuma yg saya bener2 yakin pasti bener
    dan hasilnya?
    Alhamdulillah peringkat 3 Nasional😛

    kseimpulan : mendingan nembak daripada kosong, tapi lebih mending lagi ngerjain sebanyak yg kita yakini kebenarannya

     
  6. Visi

    October 4, 2010 at 16:56

    Alhamdulillah saya sudah tidak perlu berurusan lagi dengan tes SNMPTN :p
    Hmm ya nanti kalo jamannya anak saya yang ikutan tes saya ajarin cara anda deh😀

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: