RSS

Nostalgia Kost-an (Part II)

01 Sep

Melanjutkan postingan ini, saya akan menulis before-after diri saya, pas sebelum ngekos dan setelah ngekos. Sebenernya sih saya pengen nulis sesuatu yang dramatis, tapi mood saya lagi nggak bisa diajak mellow-mellow gitu sih hahaha jadi nulisnya begini aja ya.

BEFORE:

1. Sering Males Mandi Walaupun Diomelin
Yaiyalah, secara di rumah ada ibu saya yang sepertinya hidungnya sangat sensitif terhadap kondisi anak-anaknya yang suka males mandi. Atau hidung saya yang nggak beres? Masa aroma tubuh sendiri gak bisa ngerasain? Ah ya apapun itu, yang pasti kemalasan mandi saya tereduksi saat saya berada di rumah. Paling males kalo ibu udah ngomong gini, “Anak cewek kok blablablablabla… (sisanya bisa anda khayalkan sendiri)”

2. Setiap jam 6 pagi udah celingukan di meja makan.
Entah kenapa kalo di rumah saya sering laper. Hmm padahal ya nggak ngapa-ngapain juga gitu. Hmm mungkin atmosfer rumah emang mendukung juga sih buat makan banyak-banyak. Soalnya kan gak perlu takut ada yang protes, malahan si ibu seneng banget kalo makanan yang beliau masakin buat keluarganya tak bersisa.

3. Setiap pagi minum susu.
Meskipun dibilang susu bikin gendut atau apalah, entah kenapa saya masih suka sama minuman yang satu ini hahaha. Sebenernya udah lama banget saya pengen mengurangi frekuensi saya minum susu, lagipula kayaknya gak minum susu gak bikin pingsan kok di sekolah, tapi masalahnya, setiap pagi ibu saya selalu bikinin ini minuman satu walaupun saya nggak minta. Pernah sekali waktu saya minta nggak usah dibikinin susu, beneran tuh besok paginya nggak dibikinin–tapi besok lusanya jam lima pagi itu susu segelas udah nangkring lagi di atas meja makan. Hadeh.

4. Jam setengah enam pagi udah di jalan
Maaf, bukan maksud saya mau pamer, bukan maksud saya mau sok-sok menderita, tapi memang mau gimana lagi kalo rumah saya jauh dan pintu gerbang sekolah saya ditutup pukul setengah tujuh (walau kadang telat dua menit masih bisa lari-lari kenceng dari gerbang depan ke gerbang dalam. Kadang-kadang kalo lagi hoki sih bisa sampe sekolah jam enam lewat, tapi kalo udah dapet angkot yang supirnya doyan ngetem mah berasa mending saya turun aja terus naik ojek huhuhu. Selain itu, hidup selalu terasa tidak adil kalo saya baru sampe di daerah Pasar Pondok Gede pukul 6 pagi walau udah berangkat dari setengah 6 kurang.

5. Saya benci banget sama makanan yang namanya pisang goreng.
Saya sendiri nggak tahu kapan tepatnya saya mulai nggak suka makan ini buah satu. Yang jelas tiap kali ibu saya masak pisang goreng di rumah saya nggak pernah tertarik untuk nyobain. Padahal saya menghidu aromanya yang harum dan kayaknya manis banget gitu di dalem mulut, tapi tetep aja gak pernah muncul niatan untuk mencomot satu aja dari piring. Pernah sih dulu sekali nyobain–baru gigitan pertama langsung gak gw terusin soalnya gw menemukan sensasi aneh pas gw makan pisang. Kayak ada apanyaa itu yang bikin eneg.

6. Makan teratur 3 kali sehari.
Yeah pagi-siang-sore pasti ada aja jadwal makan yang saya selipkan diantara segenap aktivitas. Secara makanan gampang didapat, tinggal ambil aja gitu di meja atau tempat makan yang bawa dari rumah. Selain itu makan di rumah gak perlu sungkan mau ambil bolak-balik, malahan si ibu dikit-dikit nyuruh makan melulu.

7. Males banget kalo disuruh pake sunblock, soalnya kalo keringetan berasa lengket.
Lagian kayanya pake sunblock atau nggak juga nggak pengaruh. Kulit saya gak belang-belang pas di Jakarta padahal sekolah juga sering kena matahari kan tuh? Dulu pas saya jadi anak Paskib juga nggak pernah belang (anehnya). Jadi daripada ribet mending nggak usah pake.

AFTER:

1. Tanpa disuruh, mandi dengan sendirinya.
Surabaya adalah sebuah kota yang terletak di ujung Timur Pulau Jawa (jadi inget Hymne Airlangga, di Timur Jawa Dwipa). Kalo normal aja suhunya bisa sampe 35 derajat Celcius, kalo panas bisa sampe 40 (saya inget pernah liat suhu di termometer kamar temen saya angkanya 42). Dengan kondisi seperti itu, jelas tidak mungkin saya masih males mandi. Gerah banget woi. Seringnya lagi saya baru bisa tidur kalo udah mandi.

2. Jam 6 pagi masih tidur-tiduran.
Yuhuu jarak dari rumahnya ibu kost ke kampus saya sangat-sangat dekat. Cukup jalan kaki 5 menit udah sampe hahahah lagian saya ngalah aja sama temen-temen yang jam masuk paling paginya jam 7. Kalo saya kan paling pagi jam setengah 8 jadi yaa masih bisa nyantai dikitlah.

3. Minum susu sebulan sekali belum tentu.
Dulu pas awal-awal ngekost saya masih rajin banget minum susu, tapi lama-lama malah jadi lupa sendiri kalo di kamar ada setoples (saya belinya susu bubuk). Terakhir saya beli susu kayaknya pas bulan Oktober 2009, tapi sampe sekaran masih bersisa separo toples hahaha. Mau dibikin tapi saya takut udah nggak beres itu susunan gizi-nya. Akhirnya saya beli susu UHT cair aja kalo lagi pengen minum.

4. Jam 7 pagi udah paling cepet keluar rumah.
Yap, ngapain juga pagi-pagi udah ke kampus kalo gak ada perlu? Palingan masih dikunciin juga ruangan-ruangannya. Daripada ujung-ujungnya ngomel gara-gara nunggu kelamaan, gak ada temen, keburu bosen, mending berangkatnya ntar-ntar aja kan.

5. Mulai sadar kalo pisang goreng ternyata bukan makanan berbahaya.

Okeh, walaupun saya gak suka pisang tapi saya gak pernah bilang kalo saya gak suka sama ibu kost, alhasil kalo si ibu lagi bikin pisang goreng saya selalu dikasih dua buah. Kalo situasinya kaya gini gimana yaa? Mau gak dimakan sayang (kan rejeki), bilang gak suka biar gak dikasih terus juga gak enak (entar si ibu ngira saya gak tau terima kasih) yaudah akhirnya saya makan deh tuh pisang goreng. Awalnya emang terpaksa, harap-harap cemas takut terjadi penolakan dari tubuh saya seperti biasanya tapi ternyata nggak. Saya jadi nyadar kalo pisang goreng gak bikin mual, tapi ya tetep aja kalo bisa pilih nggak makan ya saya nggak makan pisang goreng. Anehnya kemampuan saya melahap pisang goreng cuma keluar kalo lagi di kost, begitu balik ke rumah jadi gak bisa lagi.

6. Makan dua kali sehari aja udah bersyukur.
Bukan karena gw ngirit uang, tapi gw males makan kalo gak ada temennya. Kalopun bisa makan di kosan, saya males keluar-keluar belinya karena males ganti baju, males sunbathing-nya, males macem-macemnya hahaha. Gak tau kenapa kalo di kostan makan tuh gak berasa seenak di rumah. Selain itu beli makanan di sini lima ribu aja udah dapet porsi jumbo, tahan kenyangnya lama banget huahaha.

7. Kalo mau pergi, yang paling diinget justru pake sunblock.
Saya kapok. Baru dua hari pertama aja di lengan saya ada bekas baju. Di punggung kaki saya ada bekas sepatu. Sejak saat itu saya selalu pake sunblock, lagipula karena saking keringnya Surabaya itu krim-krim rasanya nempel banget sama kulit. Meskipun keringetan tangan tetep aja kering dan gak berasa lengket-lengket.

hmm apaan lagi ya? Sebenernya masih banyak tapi saya bingung mau nulis apa lagi, jadi disambung nanti aja deh ya kalo inget.

 
6 Comments

Posted by on September 1, 2010 in Uncategorized

 

6 responses to “Nostalgia Kost-an (Part II)

  1. ID

    September 21, 2010 at 16:55

    komen untuk sunblock : kalo saya malah kadang berantem sama nyokap gara2 nyokap ngabisin sunblock milik saya, wkakakak๐Ÿ˜€

    komen untuk mandi : ?? saya kok gak terlalu yakin ya anda sudah berubah jadi rajin mandi? soalnya kadang2 ada yg di-sms jam 9 pagi dan bilang kalo dia belum mandi padahal dia wanita (oh man! how could that be?) ๐Ÿ˜›๐Ÿ˜›

     
  2. Visi

    September 22, 2010 at 09:59

    wahahaha kacau bet kamu. besok-besok kalo beli sunblock belinya 2 botol aja, satu buat ibu, satunya lagi buat kamu.๐Ÿ˜€

    hmm kalo di rumah mandinya bisa jam 11 atau 12 siang. :3

     
  3. imankurniadi

    October 5, 2010 at 00:24

    nah, ini kata ganti orang pertamanya ganti lagi, hahahahahaha, btw, bagus kok tulisanmu, aku apresiasi deh !!๐Ÿ˜€

     
    • Visi

      October 5, 2010 at 13:54

      hehehe iya pas nulis ini lagi pengen pake kata ‘saya’ bukannya kata ‘gw’.
      makasih Mas Iman๐Ÿ˜€
      tulisannya Mas Iman lebih mantap tapi, kerasa reflektif gitu.

       
  4. cryptograv3

    February 11, 2011 at 20:51

    komen untuk makan: sedia oatmeal aja kalo males keluar kosan.hehe..

     
    • Visi

      February 20, 2011 at 08:50

      hehe iya sih tapi males juga rebus airnya :p
      *untuk kepentingan sendiri aja males*

       

Leave a Reply

 
